24 C
id

Duka dari Tanah Suci: Muhammad Umar Ardik, Jemaah Haji Asal Aceh Tengah, Meninggal Dunia di Makkah

Haji 2024, jemaah haji meninggal di makkah, jemaah asal Aceh
Ilustrasi/


AchehNetwork.com – Suasana duka menyelimuti jemaah haji asal Aceh Tengah setelah salah satu anggotanya, Muhammad Umar Ardik (78), meninggal dunia pada Ahad (9/6) sekitar pukul 06.34 Waktu Arab Saudi (WAS). 


Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengonfirmasi berita duka ini.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Jemaah asal Kampung Kede Lah, Kecamatan Pegasing tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Al-Noor, Makkah," kata Azhari. 

Muhammad Umar adalah anggota kelompok terbang (kloter) 05-BTJ yang berangkat dari Aceh.

Sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan oleh Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah menyebutkan bahwa Muhammad Umar didiagnosa mengalami gangguan pernapasan berat (Acute Respiratory Distress Syndrome).

Azhari menambahkan bahwa pihak maktab sedang mengurus jenazah, dan almarhum akan disalatkan di Masjidil Haram. 


"Mari kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya, diterima segala amal ibadahnya, dan ditempatkan di sisi Allah SWT," ujarnya.

Hingga saat ini, Muhammad Umar Ardik adalah jemaah ketiga asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi pada musim haji tahun ini. 

Sebelumnya, Ruhamah (84) asal Sabang dan Muhdin Ibrahim (62) asal Bireuen juga meninggal dunia.

Azhari menjelaskan bahwa ada tiga kelompok jemaah haji Indonesia yang bisa dibadalhajikan melalui program pemerintah: mereka yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara, saat dalam perjalanan ke Arab Saudi, atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah; mereka yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan; dan mereka yang mengalami demensia.

Dengan berat hati, keluarga besar jemaah haji Indonesia di Tanah Suci mengirimkan doa untuk Muhammad Umar Ardik dan keluarga yang ditinggalkan. 

Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya