24 C
id

Empat Rumah Kayu di Lhokseumawe Ludes Terbakar, Korsleting Listrik Diduga Penyebab

Kebakaran, Lhokseumawe
Kebakaran di Lhokseumawe/Dok. Warga


AchehNetwork.com — Empat unit rumah berkonstruksi kayu di Gampong Simpang 4, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, terbakar hebat pada Sabtu malam. 

Dugaan awal menyebutkan kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik yang terjadi sekitar pukul 19.56 WIB.

Kepala Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lhokseumawe, Samsul Bahri, menjelaskan bahwa kebakaran ini menyebabkan kerusakan yang bervariasi pada empat rumah tersebut. 

"Satu rumah mengalami kerusakan berat, satu lagi mengalami kerusakan ringan, dan dua rumah lainnya terkena imbas dari kobaran api," ujar Samsul.

Menurut Samsul, api pertama kali muncul dari kamar lantai dua rumah milik Kamaruddin Husen (65). 

"Api diduga berasal dari kamar lantai dua rumah Kamaruddin, yang saat itu dalam keadaan kosong karena beliau sedang berada di Langsa," katanya. 

Kamaruddin tinggal bersama empat anggota keluarganya, namun saat kejadian, rumah tersebut ditinggalkan dalam keadaan listrik yang sudah dipadamkan.

Selain rumah Kamaruddin, api juga menyambar rumah milik Syukur Rahmat Hidayat (35), yang menampung lima jiwa dalam satu kartu keluarga (KK).

 "Rumah Syukur mengalami kerusakan ringan akibat sambaran api," tambah Samsul. 

Sementara itu, dua rumah lain yang terkena imbas kebakaran adalah milik Zulkarnaen (43) dan Nurmala (35), masing-masing dihuni oleh empat jiwa.

Proses pemadaman api melibatkan enam unit armada pemadam kebakaran dan memakan waktu hampir dua jam sebelum api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.45 WIB. 

"Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api hingga akhirnya berhasil dikuasai," ujar Samsul. 

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. 

"Saat ini, petugas masih melakukan pendataan lebih lanjut," pungkasnya.

Kebakaran ini menjadi peringatan bagi warga sekitar untuk selalu waspada dan memastikan instalasi listrik di rumah masing-masing dalam kondisi aman untuk menghindari insiden serupa di masa mendatang.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya