24 C
id

Google Dapat Mendengarkan Obrolan Kita? Begini Penjelasannya dan Cara Mematikannya

Google mendengar obrolan kita
Ilustrasi/net



AchehNetwork.com - Tahukah Anda bahwa Google bisa merekam suara Anda saat berinteraksi dengan layanan mereka seperti Search, Assistant, dan Maps? 

Perusahaan teknologi ini cukup transparan tentang informasi yang mereka simpan dan menjelaskan bahwa beberapa pengaturan harus diaktifkan sebelum rekaman dibuat.


Ketika Anda berbicara dengan layanan Google, teknologi pengenalan audio mereka akan memproses dan merespons Anda.


 "Google menggunakan audio yang disimpan oleh pengaturan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan teknologi pengenalan audio dan layanan Google yang menggunakannya, seperti Google Assistant," jelas Google dalam ketentuan layanannya.

Google menegaskan bahwa percakapan pribadi pengguna tidak akan pernah direkam atau disadap. 

Mereka juga mengonfirmasi bahwa ada tim khusus yang mendengarkan cuplikan audio yang disimpan untuk meningkatkan layanan pencarian suara.

"Untuk beberapa peningkatan teknologi audio, sampel audio yang disimpan saat pengaturan ini diaktifkan akan dianalisis oleh peninjau terlatih, yang mendengarkan, mentranskripsikan, dan memberi anotasi, sehingga layanan Google dapat menafsirkan audio dengan lebih baik," tambah Google. 


Mereka juga menyatakan bahwa langkah-langkah perlindungan privasi diterapkan, seperti memisahkan audio dari akun pengguna saat pengulas menganalisisnya.

Jika Anda tidak ingin aktivitas Anda direkam oleh Google, Anda bisa dengan mudah mematikannya. 


Mengutip laman Mirror, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google di ponsel Anda dan ketuk ikon akun di sudut atas layar.
  2. Ketuk "Kelola Akun Google" lalu tekan "Data dan Privasi."
  3. Gulir ke bawah ke "Aktivitas Web & Aplikasi" dan matikan opsi "Saya Menyertakan Aktivitas Suara dan Audio."


Dengan menonaktifkan setelan ini, Google tidak akan lagi menyimpan rekaman audio di akun Anda di server Google saat Anda berinteraksi dengan layanan Google. 

Namun, Google masih akan memproses audio untuk merespons Anda saat Anda berbicara dengan layanan mereka.


Perlu diperhatikan bahwa jika setelan ini dinonaktifkan, Google tidak akan menggunakan audio yang disimpan sebelumnya untuk meningkatkan teknologi suaranya seperti Voice Match. 


Meskipun demikian, audio yang disimpan sebelumnya masih bisa digunakan untuk penyempurnaan teknologi audio lainnya kecuali Anda menghapusnya.


Anda juga bisa menghapus audio yang disimpan sebelumnya dengan mengunjungi Activity.google.com.

Dengan mengetahui dan mengontrol pengaturan ini, Anda bisa memastikan bahwa privasi Anda tetap terjaga sesuai keinginan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya