24 C
id

Manfaat Duduk Bersila Bagi Kesehatan Anda, Berikut Pendapat Para Ahli

Manfaat Duduk Bersila
ilustrasi Manfaat Duduk Bersila Bagi Kesehatan Anda, Berikut Pendapat Para Ahli/pixabay.com


AchehNetwork.com - Duduk bersila di lantai mungkin terdengar seperti aktivitas sederhana yang sering dilakukan oleh anak-anak, tetapi ternyata memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. 


Meski jarang dilakukan oleh orang dewasa, para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa duduk bersila bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh bagian bawah.


Peningkatan Rentang Gerak

Dr. Christopher Bise, asisten profesor di Departemen Terapi Fisik di Universitas Pittsburgh, menyatakan bahwa duduk bersila dapat meningkatkan rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut.


 “Postur duduk bersila membantu menjaga fleksibilitas tubuh bagian bawah,” ujarnya seperti dilansir HuffPost. Hal ini penting karena fleksibilitas yang baik dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.


Alternatif untuk Duduk di Kursi

Jennifer O'Connell, ahli fisioterapi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York, juga mendukung pandangan tersebut. 


Menurutnya, duduk di kursi dalam jangka waktu lama bisa membuat urat lutut tegang. "Duduk bersila mungkin bisa membantu," katanya. 


Jika duduk di lantai terasa sulit, O'Connell menyarankan untuk mencoba posisi bersila di sofa sebagai alternatif. “Posisi ini tidak harus di lantai. Bisa dilakukan di sofa dengan posisi yang sama atau posisi duduk lain yang meningkatkan jangkauan gerak,” tambah Bise.


Pentingnya Rentang Gerak yang Baik

Memiliki rentang gerak yang baik sangat penting seiring bertambahnya usia. Ini membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, melakukan tugas rumah, dan bermain dengan anak-anak serta cucu. 


Dr. Bise menekankan bahwa seiring bertambahnya usia, kita cenderung menjadi kurang fleksibel, tetapi hal ini bisa dicegah dengan latihan yang tepat.


Evaluasi Fleksibilitas oleh Terapis Fisik

Saat berkonsultasi dengan terapis fisik, salah satu hal pertama yang mereka lakukan adalah menilai mobilitas sendi dan fleksibilitas otot di sekitar sendi.


 "Sendi dan otot yang tidak fleksibel akan membuat kita kurang efisien dalam bergerak," jelas Bise. Duduk di lantai, kursi, berjalan, dan berolahraga adalah beberapa cara efektif untuk menjaga kelenturan tubuh.


Melatih Otot Inti

Duduk di lantai juga melatih otot-otot inti dengan cara yang tidak terjadi saat duduk di kursi.

 "Bangkit dari posisi itu sudah bermanfaat bagi seluruh tubuh, termasuk pinggul dan lutut," kata O'Connell. 


Namun, ia juga mengingatkan bahwa duduk di lantai bukan untuk semua orang. "Ini dapat merugikan bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau yang baru pulih dari operasi atau cedera tertentu," ujarnya.


Kesimpulan

Duduk bersila di lantai menawarkan banyak manfaat kesehatan, terutama dalam meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tubuh bagian bawah. 


Meskipun demikian, penting untuk mempertimbangkan kondisi fisik masing-masing individu sebelum mencoba posisi ini, terutama bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau sedang dalam masa pemulihan dari cedera. 


Jadi, cobalah duduk bersila sebagai bagian dari rutinitas harian Anda untuk menjaga kesehatan dan fleksibilitas tubuh seiring bertambahnya usia.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya