24 C
id

Menikmati Keindahan Matahari Terbit di Puncak Cot Goh Leumo: Pesona Tersembunyi di Aceh Besar, Destinasi Wisata Pendakian yang Menakjubkan

Cot Goh Lumo, Gunong Goh, Wisata Aceh
Wisata Cot Goh Lumo/Foto: berbagai sumber


AchehNetwork.com - Provinsi Aceh memang dikenal dengan berbagai macam objek wisata, mulai dari wisata sejarah, kuliner, hingga wisata bahari. 


Namun, ada satu lagi pesona tersembunyi yang tak kalah menarik: objek wisata pendakian di dataran tinggi yang memikat hati para pecinta alam. 

Salah satu destinasi pendakian yang populer adalah Cot Goh Leumo.

Cot Goh Leumo, yang terletak di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, adalah bukit dengan ketinggian 812 meter di atas permukaan laut. 

Dalam bahasa Aceh,"cot" berarti bukit, "goh" berarti punuk dan "leumo" berarti lembu, sehingga nama bukit ini berarti "bukit punuk lembu", sesuai dengan bentuknya yang menyerupai punuk sapi. 

Meskipun berada di wilayah Aceh Besar, lokasi ini tidak jauh dari Banda Aceh, menjadikannya destinasi yang mudah dijangkau.

Pendakian menuju puncak Cot Goh Leumo menawarkan tantangan tersendiri. 

Jalur pendakian dipenuhi dengan batuan karst dan vegetasi lebat yang bisa membuat perjalanan terasa sulit. 


Meski terdapat pita penanda jalur, seringkali pita-pita ini tertutupi oleh ranting, sehingga pendaki harus ekstra hati-hati.

Namun, semua usaha dan kesulitan dalam pendakian akan terbayar lunas saat Anda mencapai puncak. 

Pemandangan matahari terbit dari Cot Goh Leumo sungguh menakjubkan. 

Saat fajar tiba, langit berubah warna menjadi kuning terang, seperti kuning telur, menciptakan pemandangan yang mempesona. 

Anda akan melihat matahari perlahan muncul dari balik Gunung Seulawah Agam, memancarkan sinarnya ke kota-kota di bawahnya.

Bagi yang ingin menikmati keindahan fajar ini dengan maksimal, berkemah di puncak Cot Goh Leumo adalah pilihan terbaik. 

Bayangkan bangun di pagi hari, menyeduh secangkir minuman hangat, dan menikmati sarapan sambil menyaksikan matahari terbit yang memukau. 

Selain menikmati matahari terbit, Anda juga bisa berburu spot foto cantik atau mengeksplorasi berbagai flora dan fauna yang ada di sekitar bukit.

Sebelum berkemah, pastikan Anda memeriksa kondisi cuaca terlebih dahulu. 

Cuaca yang buruk bisa mengganggu kenyamanan dan keselamatan selama berkemah. 

Dengan persiapan yang matang, pengalaman di Cot Goh Leumo akan menjadi salah satu momen yang tak terlupakan dalam petualangan Anda di Aceh.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya