24 C
id

Menyingkap Keindahan Tersembunyi Pidie Jaya: Savana Blang Raweu dan Air Terjun Guda Meuh Ulim

 

Wisata Pidie Jaya, Air Terjun Guda Meuh
Air Terjun Guda Meuh/Foto: Kopala


AchehNetwork.com - Kabupaten Pidie Jaya, sebuah kawasan yang kaya akan keindahan alam di Provinsi Aceh, masih menyimpan destinasi wisata yang belum terjamah oleh khalayak ramai. 


Kekayaan alam yang masih asri ini bagaikan "surga" tersembunyi, menawarkan pengalaman yang memukau bagi para petualang dan pecinta alam. 


Dua objek wisata utama yang akan membuat mata terpana adalah  Air Terjun Guda Meuh Ulim dan Savana Blang Raweu.


Air Terjun Guda Meuh Ulim: Petualangan Menuju Keindahan Alam


Sementara itu, Air Terjun Guda Meuh Ulim, yang terletak di Kecamatan Ulim, menawarkan pengalaman petualangan yang tak kalah menarik. 


Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan kaki sekitar 6-7 jam dari Gampong Lhok Sandeng. 


Bagi pecinta motor trail atau motor cross, perjalanan bisa dilakukan dengan motor, meskipun memerlukan perjuangan ekstra.


Setibanya di lokasi, percikan air yang jatuh dari ketinggian puluhan meter dan suasana asri sekitar membuat semua lelah di perjalanan terbayarkan. 


Air Terjun Ulim juga memiliki lima kolam yang saling berhubungan, tempat sempurna untuk merilekskan pikiran dan melakukan relaksasi lainnya.


Selain sebagai destinasi wisata, Air Terjun Ulim memiliki potensi untuk dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik. 


Namun, mengingat lokasinya yang cukup terpencil, pengunjung diwajibkan mendaki bersama pemandu yang berpengalaman dan membawa perbekalan logistik yang memadai.



Savana Blang Raweu: Keindahan Alami di Pegunungan Meureudu

Wisata Pidie jaya, Savana Blang Raweu
Savana Blang Raweu/


Terletak di pegunungan wilayah administrasi Kecamatan Meureudu, Savana Blang Raweu adalah sebuah hamparan rumput luas yang dikelilingi oleh panorama alam yang menakjubkan. 


Untuk mencapai destinasi ini, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki melalui Gampong Blang Awe, membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. 


Meskipun menantang, perjalanan ini adalah bagian dari petualangan yang membuat setiap langkah terasa berarti.


Sesampainya di sana, rasa lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan yang memukau. Hamparan rumput hijau yang luas berpadu dengan udara pegunungan yang segar, menciptakan suasana yang damai dan menenangkan. 


Menurut cerita masyarakat setempat, Blang Raweu dianggap sakral karena banyak pemuka agama dan masyarakat yang dibawa ke sini pada masa penjajahan Belanda.


Kadisporapar Pidie Jaya, Saifuddin, menekankan bahwa Blang Raweu sangat pantas dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi dan konservasi hewan. 


Dengan luas sekitar 20 ribu hektar, savana ini juga kaya akan beragam jenis hewan, menjadikannya tempat yang ideal untuk kegiatan konservasi.



Petualangan Menyatu dengan Alam di Pidie Jaya


Kedua destinasi ini, Savana Blang Raweu dan Air Terjun Guda Meuh Ulim, menawarkan pengalaman yang berbeda namun sama-sama memukau bagi para pengunjung yang mencari petualangan alam di Pidie Jaya. 


Dari keindahan hamparan savana yang menenangkan hingga gemuruh air terjun yang menggetarkan hati, setiap momen di sini akan memberikan inspirasi dan kebahagiaan yang tak terlupakan.


Jadi, bagi Anda yang mencari petualangan dan keindahan alam, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan ke "surga" tersembunyi di Pidie Jaya ini. 


Pastikan Anda siap dengan perbekalan dan semangat petualangan untuk menikmati pesona alam yang luar biasa ini.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya