24 C
id

Pesona Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, Keindahan yang Tersembunyi di Aceh Besar, Dari Hutan Pinus Sampai Rumah Pohon yang Keren Pun Ada di Sana Lho...

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan/Google maps


AchehNetwork.com — Terletak strategis di sepanjang jalan lintas Banda Aceh-Medan, tepat di kawasan Saree, Aceh Besar, terdapat sebuah permata alam yang dikenal sebagai Tahura Pocut Meurah Intan. 


Nama ini mungkin telah akrab di telinga masyarakat Aceh, namun tak banyak yang menyadari betapa kaya dan potensialnya Taman Hutan Raya ini dalam hal keanekaragaman hayati dan ekowisata.


Secara administratif, Tahura Pocut Meurah Intan berada di wilayah Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, dan Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie. 

Kawasan ini resmi dibentuk pada tahun 2001 melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 95/Kpts-II/2001, dinamai untuk menghormati salah satu pahlawan Aceh, Pocut Meurah Intan.



Keindahan dan Keanekaragaman Hayati


Dengan luas lebih dari 6.000 hektar, Tahura Pocut Meurah Intan diapit oleh gunung Seulawah Agam dan Seulawah Dara, menjadikannya kawasan konservasi yang sangat berharga. 

Berbagai jenis flora dan fauna menghuni taman hutan ini, menciptakan ekosistem yang kaya dan beragam. 


Pemerintah semakin menunjukkan komitmennya untuk melindungi kawasan ini dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan pada tahun 2013, berdasarkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 20 Tahun 2013.



Potensi Wisata Alam yang Memikat


Tahura Pocut Meurah Intan bukan hanya surga bagi para peneliti dan pecinta alam, tetapi juga bagi para wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam. 

Pengunjung dapat menikmati penginapan yang tersedia atau membawa tenda sendiri untuk merasakan suasana pegunungan yang sejuk. 

Tiket masuk yang terjangkau menjadikan tempat ini ramah bagi semua kalangan.


Fasilitas dan Aktivitas Seru

Terletak strategis di sepanjang jalan lintas Banda Aceh-Medan, tepat di kawasan Saree, Aceh Besar, terdapat sebuah permata alam yang dikenal sebagai Tahura Pocut Meurah Intan.
Air terjun di  Tahura Pocut Meurah Intan. 


Di tengah rindangnya pepohonan pinus, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas menarik yang disediakan oleh pengelola. 


Terdapat arena permainan yang menantang adrenalin seperti flying fox dan jembatan tali, serta rumah pohon yang menawarkan pemandangan indah. 


Jogging track yang membentang melalui rerimbunan hutan menyediakan jalur untuk berolahraga sambil menikmati keindahan alam.


Bagi pencinta bunga, terdapat taman anggrek dan bunga yang menyegarkan mata. 

Tak ketinggalan, bagi yang menyukai sejarah, ada bangunan peninggalan kolonialisme Belanda yang bisa dijelajahi. 

Dua air terjun tersembunyi di dalam kawasan ini juga menambah daya tarik, dengan jasa antar yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kesejukan air terjun.


Suasana yang Menenangkan


Keindahan Tahura Pocut Meurah Intan semakin lengkap dengan kicauan burung dan kehadiran satwa seperti burung rangkong, monyet ekor panjang, dan beruk. 

Letaknya yang hanya 45 menit berkendara dari Banda Aceh membuatnya mudah dijangkau, menjadikannya tempat favorit untuk berkemah di akhir pekan.


Pengelola memastikan bahwa fasilitas yang disediakan lengkap dan memadai. 

Tersedia area parkir kendaraan, mushala, penginapan, serta toilet untuk kenyamanan pengunjung. 

Pengunjung juga diharapkan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dengan mematuhi aturan yang ada, termasuk tidak membuang sampah sembarangan.


Destinasi Wisata Pilihan


Tahura Pocut Meurah Intan menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan. 

Dengan pemandangan indah, fasilitas lengkap, dan beragam aktivitas menarik, tempat ini layak menjadi destinasi wisata pilihan bagi siapa saja yang mengunjungi Aceh. 


Nikmati suasana alam yang teduh, kicauan burung yang merdu, dan petualangan yang menantang di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan.***

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya