24 C
id

Air Terjun 7 Bidadari, Pesona Gemuruh Di Keheningan Rimba Aceh Utara

Air Terjun 7 Bidadari
Air Terjun 7 Bidadari di Pedalaman Aceh Utara (Foto: Instagram@andisinobi)


AchehNetwork.com - Air terjun 7 bidadari adalah sebuah air terjun yang terletak di pedalaman Aceh Utara, air terjun ini berada di tengah hutan belantara dan  menawarkan panorama air terjun dengan beberapa tingkatan yang berbeda.

Pesona alam yang dimiliki rimba Aceh Utara ini seakan tiada habisnya buat ditelusuri. Di kabupaten ini masih menyimpan beberapa daerah wisata perawan, yang terkadang jarang dikunjungi.

Meskipun demikian, estetika dari objek wisata yang tersimpan rapi dibalik kekayaan alam Aceh tidak ada hentinya mengundang rasa penasaran bagi wisatawan.

Air terjun 7 bidadari merupakan galat satu diantaranya, memberikan estetika air terjun dibalik lebatnya hutan belantara.


Air terjun 7 bidadari dikenal mempunyai panorama alam yg sungguh menakjubkan serta mempesona.

Tersembunyi di hutan belantara yang masih liar, tempat wisata ini seolah terlindungi dan  terjaga kelestariannya. 

Gemericik air yang jatuh menerpa bebatuan menciptakan suasana nyaman, sebagai akibatnya membuat wisatawan betah berlama-lama   menikmatinya.



Air Terjun 7 Bidadari

Secara geografis, letak air terjun 7 bidadari berada pada gampong Pulo Meuria, kecamatan Geureudong Pase, kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Buat menuju ke kawasan wisata ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer atau dengan bepergian selama satu jam dari pusat kota Lhokseumawe.


Perjalanan menuju ke air terjun ini mulanya memang relatif mudah buat dilakukan, jalan yang diaspal dengan baik dan  banyaknya pilihan transportasi yang mampu digunakan wisatawan.


Namun ketika tiba di kecamatan Geureudong Pase, wisatawan dipaksa buat melalui jalanan yang cukup ekstrim membelah hutan belantara.

 Kondisi jalan masih berupa tanah yang bercampur dengan bebatuan, sebagai akibatnya cukup menantang dan  memacu adrenalin.


Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke air terjun 7 bidadari umumnya memakai tunggangan roda 2 mirip motor trail yg bisa melalui medan berat.

Ketika melalui jalur yg membelah hutan ini, pengunjung terkadang harus naik turun bukit, melewati perkebunan sawit, serta sungai yang kedalamannya mencapai pinggang orang dewasa.

 Memang bukan tantangan yang simpel buat menikmati keindahan air terjun yang ini.


Bagi wisatawan yang hobi menunggangi trail, bisa melampiaskan hasratnya dengan mencoba medan yang berat ini. 

Daerah wisata ini memang sangat cocok bagi seorang berjiwa petualang serta menyukai tantangan.



Pesona Air Terjun 7 Bidadari

Di tengah-tengah perjalanan menyusuri hutan, wisatawan akan disajikan pemandangan alam berupa pepohonan rindang, perbukitan hijau, serta hamparan perkebunan sawit yang luas.

 Pemandangan ini seolah sebagai oase dari beratnya medan serta sulitnya jalanan yang harus dilewati sang wisatawan.

Setelah melalui perjalanan sejauh 10 kilometer, wisatawan akan menemukan barak komando sebagai kawasan istirahat bagi para pekerja pada perkebunan sawit. 


Wisatawan bisa beristirahat disini, terdapat beberapa bangunan tetap yang bisa dipergunakan buat menghilangkan penat serta mengusir rasa lapar.



Air Terjun 7 Bidadari

Dari barak komando, wisatawan wajib  melanjutkan bepergian lagi menuju ke bukit tualang, disini pengunjung harus memarkirkan motor dan  berjalan kaki sebab medan yang telah tidak mampu dilalui oleh tunggangan.


Sehabis naik turun bukit, melewati hamparan perkebunan sawit serta sungai, wisatawan akan disuguhkan dengan sebuah kenyataan air terjun yg sangat indah, inilah air terjun 7 bidadari.

Masih belum diketahui secara pasti, darimana asal muasal penamaan air terjun ini. Air terjun ini memang sangat mempesona bak bidadari yang turun dari kayangan.


 Estetika air terjun ini sangat terjaga, seolah terlindungi oleh lebatnya hutan belantara. Deburan air yang jatuh menerpa bebatuan besar  di bawahnya juga seakan menyihir wisatawan buat segera menikmati segarnya air.


Sehabis bepergian panjang yang menguras stamina, wisatawan bisa langsung menceburkan diri ke dalam kolam yang sempurna berada di bawah air terjun 7 bidadari.

Di bawahnya ada pula sebuah batu kali berukuran besar , yang sering dipergunakan wisatawan buat menikmati derasnya air terjun.


Air terjun 7 bidadari disebutkan mempunyai 7 tingkatan air terjun dengan keindahan yang berbeda, bahkan ada yang berkata strata di air terjun ini mencapai 10. 


Jarak antara strata satu dengan lainnya kurang lebih tiga hingga 4 meter dengan rata-rata ketinggian air terjun mencapai lima meter.


Pesona yang ditawarkan air terjun 7 bidadari memang sangat indah, airnya yang jernih berwarna kebiruan bisai diminum buat sekedar melepas dahaga.


Keindahan hutan belantara yang mengitarinya jua membangun suasana yang rindang dan  asri.

Sungguh sebuah kawasan wisata Istimewa yang sangat sepadan dengan perjuangan buat mencapainya.


Fasilitas Air Terjun 7 Bidadari

Sayangnya, daerah wisata yang mempesona ini tak berbanding lurus dengan fasilitas disekitarnya.

Memang bisa dimaklumi, sebab tempatnya yang terpencil serta berada di tengah hutan belantara. Wisatawan tidak akan menemukan fasilitas umum  seperti daerah parkir, toilet atau mushola.  

Selain itu, jangan harap menemukan penjual makanan atau minuman di lokasi air terjun 7 bidadari, wisatawan disarankan agar membawa bekal terlebih dahulu sebelum memasuki daerah hutan belantara.


Bagi  wisatawan luar daerah yang ingin menginap, wisatawan bisa memilih hotel dan tempat peningapan yang ada di kota Lhoksukon atau di Kota Lhokseumawe.

Berkunjung ke air terjun 7 bidadari memang menjadi sebuah tantangan tersendiri dan  memberikan pengalaman tak terlupakan.


Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan waktu berkunjung ke air terjun tersebut.


Menikmati Keindahan Air Terjun

Meskipun diperlukan usaha ekstra untuk mencapainya, air terjun 7 bidadari tetap layak serta patut untuk dikunjungi.


Kamu bisa menikmati keindahan air terjun eksotis ini di tengah hutan belantara yang lebat.

 Derasnya air yang jatuh jua sebagai daya tarik tersendiri, kamu bisa berenang, mandi, atau mencicipi sensasi berada tepat di bawah air terjun menggunakan guyuran air yang tiada henti.

Bila kamu tidak puas, kamu  juga dapat menikmati beberapa tingkatan pada air terjun ini.

Semuanya sungguh menakjubkan, dengan ciri dan  pesona yang berbeda. Kawasan wisata ini memang sangat cocok bagi kamu yang mendambakan ketenangan serta ketentraman, serta menghilangkan rasa jenuh dari aktivitas sehari-hari.


Membelah Hutan Dengan Mengendarai Trail

Jika kamu seorang yang memiliki jiwa petualang serta hobi dengan tantangan, maka kamu bisa menelusuri hutan belantara daerah dimana air terjun 7 bidadari berada.

Kamu  bisa mengendarai trail, serta menjajal lintasan yang berat berupa tanah bercampur batu. Selain itu, kamu juga akan dihadapkan dengan perbukitan, perkebunan sawit, serta arus sungai yang menantang.


Camping

Kamu juga bisa menginap di air terjun 7 bidadari dengan membangun tenda disekitarnya.


 Ajaklah beberapa kawan atau kerabat, buat menghabiskan malam di sebuah air terjun yang eksotis ini. dengan bermalam di air terjun, pastinya akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Waktu perut keroncongan kamu bisa mencari ikan dengan melemparkan kail ke sungai.

Dengan umpan cacing tanah, kamu akan mendapatkan ikan segar yang siap buat dibakar sebagai santapan lezat.

Buatlah api unggun waktu malam tiba, hangatnya kebersamaan akan menjadi sensasi tersendiri di tengah lebatnya hutan belantara.


Hunting Foto

Hunting foto pula menjadi aktivitas yang wajib  waktu engkau tengah berada di air terjun 7 bidadari ini.


 Kamu bisa mengabadikan momen saat berkunjung ke tempat wisata yang berada di Aceh Utara ini.

Terdapat beberapa objek indah, yang bisa kamu  potret atau sebagai backgroud berfoto seperti air terjun, bebatuan besar , atau juga hutan yang masih lestari.

Bila ingin mencicipi sensasi memotret, maka usahakan bawalah kamera anti air. Kamu  bisa memotret di dalam kolam saat tengah berenang.


 Ikan-ikan disungai akan senantiasa setia ikut berpose dalam foto jepretanmu.


Harga Tiket Masuk Ke Lokasi Air Terjun 7 Bidadari

Untuk memasuki daerah wisata ini, wisatawan tak dipungut biaya  masuk sedikitpun.


Tips Berwisata Di Air Terjun 7 Bidadari

Persiapkan syarat fisik serta stamina sebelum menuju ke air terjun sebab perjalanan yang berat dan  menguras energi.


Sebaiknya pantaulah cuaca sebelum berangkat ke air terjun, karena saat hujan medan akan semakin berat dipenuhi dengan lumpur.

Tetap berhati-hati ketika memasuki hutan, sebab tidak sedikit yang menyerah karena beratnya medan.

Bawalah perbekalan secukupnya, karena Jika kebanyakan akan menyulitkan diri saat bepergian.

Sebaiknya bawa bekal makanan dan  minuman, sebab tak ada warung di sekitar lokasi wisata.

Jagalah kebersihan lokasi wisata dengan tidak membuang sampah asal-asalan.

Jagalah kelestarian kawasan wisata serta jangan mengganggu apapun yang terdapat di dalamnya.

Berdoalah sebelum berangkat, agar liburanmu lancar sesuai menggunakan planning.(*)

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA