24 C
id

Keindahan Danau Laut Tawar Dengan Sejuta Misteri.

Danau Laut Tawar
Dermaga Pante Menye (source Instagram @rizkansempur)
ACHEHNETWORK.COM - Terletak di Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Aceh Tengah, Danau Laut Tawar merupakan danau yang sangat luas dengan panorama alam yang indah. Dibalut dengan berbagai kisah mistis yang diyakini masyarakat setempat secara turun-temurun.

Aceh Tengah merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil salah satu biji kopi terbaik di dunia yaitu Kopi Gayo. Kawasan ini memang didominasi oleh perkebunan dan areal pertanian yang luas di dataran tinggi. Selain terkenal dengan kopinya, Aceh memiliki beberapa obyek wisata yang sangat populer seperti Danau Laut Tawar. Menurut Danau Tawar menawarkan suasana danau yang mirip dengan laut. Wisatawan bisa melihat ombak kecil yang sesekali menyapa tepian danau. Keindahan pemandangan alam berupa perbukitan hijau yang mengelilingi danau juga menambah suasana alam dan memanjakan mata.


Danau Air Tawar

Secara geografis, danau ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Untuk mencapai Danau Laut Tawar, wisatawan hanya perlu menempuh jarak yang cukup dekat sekitar 10 menit dari Kota Takengon, ibu kota Aceh tengah. Namun jika datang dari kota Banda Aceh, wisatawan harus menempuh jarak hingga 320 kilometer dengan susah payah.

Danau Laut Tawar tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, tetapi juga merupakan elemen penting dalam perekonomian masyarakat Aceh Tengah, khususnya di sekitar danau. Lebih dari 20 sungai mengalir ke danau ini, dan airnya merupakan sumber irigasi utama bagi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat setempat. Apalagi destinasi wisata ini juga diselimuti beberapa misteri berbulu.


Misteri Danau Air Tawar

Danau Laut Tawar
Pemandangan dari atas bukit (source disbudpar.acehprov.go.id)
Ada beberapa kisah misterius Penjaga Danau Laut Tawar yang diyakini masyarakat setempat karena suku Gayo tinggal di sekitar Aceh Tengah. Konon di danau ini terdapat sosok putri duyung yang oleh masyarakat kota disebut Putri Ijo. Tak hanya Putri Ijo, masyarakat juga mempercayai keberadaan sosok menakutkan bernama Lembide.

Masyarakat setempat percaya bahwa makhluk Lembide ini juga merupakan salah satu penjaga Danau Laut Tawar. Kebenaran tentang keberadaan lembes belum dapat dibuktikan. Masyarakat setempat percaya bahwa Lembide mirip dengan Dracula, pengisap darah segar.

Masyarakat Takengon dan sekitarnya dikejutkan dengan kejadian yang diyakini terkait dengan makhluk gaib tersebut. Setiap tahun korban meninggal di danau ini. Mereka yang meninggal tiba-tiba mengeluarkan darah lagi dan lagi dan lukanya seperti gigitan binatang buas.

Orang mendapatkan cerita ini dari generasi ke generasi sehingga setiap warga tahu tentang bahaya dari makhluk menakutkan ini. Para orang tua juga selalu mengingatkan anaknya untuk selalu berhati-hati saat bermain di sekitar Danau Laut Tawar.

Selain Lembide dan Putri Ijo, danau ini juga konon memiliki makhluk mirip naga yang menjaga danau tersebut. Apalagi pada tahun 2001 warga sekitar dihebohkan dengan foto pengunjung danau tersebut. Dalam gambar ini, sosok mirip naga muncul secara acak dari air.

Konon di danau ini juga terdapat bom yang masih aktif. Bom ini kemungkinan merupakan sisa-sisa tentara Belanda saat menjajah Indonesia. Berbagai upaya untuk menemukan bom yang diperkirakan sedalam 18 meter itu sedang dilakukan, namun sejauh ini belum berhasil. Orang-orang percaya bahwa penjaga danau menginginkan bom itu tetap berada di danau, sehingga sulit ditemukan.


Pesona Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Pantan Terong (source media.travelingyuk.com)

Berada di Kabupaten Aceh Tengah, danau ini sering disebut Lut Tawar oleh masyarakat Gayo. Danau ini memiliki luas 5.472 hektar dengan panjang kurang lebih 17 kilometer dan lebar 3 kilometer. Lebarnya hampir mirip dengan luas lautan, sehingga tidak heran jika danau ini dinamakan Laut Tawar, karena air di danau ini tidak asin, melainkan segar.

Saat wisatawan berada di danau tersebut, fenomena danau yang sangat luas muncul dengan sendirinya berupa gurat-gurat bukit yang terlihat hijau dari kejauhan. Pengunjung juga bisa melihat ombak kecil yang sesekali menyapa pantai. Wisatawan juga bisa merasakan indahnya suasana di telaga ini, angin sepoi-sepoi seolah menjadi sahabat setia yang selalu menemani saat berada di telaga.

Danau Laut Tawar memiliki kedalaman bervariasi yang bisa mencapai hingga 50 meter. Wisatawan diimbau untuk selalu berhati-hati karena bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Tempat ini juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalam dan sekitar danau. Seperti beberapa spesies plankton, ikan, moluska dan mamalia.

Salah satu ikan endemik yang hidup di danau tersebut adalah ikan depik. Sepintas, ikan ini mirip dengan burung rawa pulau Jawa, berukuran kecil bersisik putih cerah, yang populasinya tidak pernah habis, meski penduduk setempat terus memburunya untuk dikonsumsi. Ikan ini sangat gurih dan mengandung banyak protein, apalagi jika digoreng. Jika beruntung, wisatawan bisa menemukan ikan ini pada musim kemarau, karena pada musim hujan ikan depik sama sekali tidak terlihat. Beberapa spesies satwa liar juga banyak ditemukan di sekitar danau, seperti kutilang, lynx, trenggiling, landak, siamang, rusa dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa hewan ini sebenarnya dilindungi dan tidak bisa diburu.

Danau Laut Tawar menyimpan sejuta pesona dan cerita misterius seputar tempat wisata ini. Selain itu, danau ini memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan sebagai tujuan wisata untuk menarik wisatawan dari luar kota hingga mancanegara.

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya