24 C
id

Ketua PKK Abdya Luncurkan Program PeKa-ASA

Ketua PKK Abdya Luncurkan Program PeKa-ASA
Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)
(Foto: Serambinews)
BLANGPIDIE - Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mencanangkan program PeKa - ASA (Pembinaan Keluarga Anak Stunting Abdya) dengan tujuan mencegah kasus gizi buruk di wilayah tersebut. Program PeKa-ASA diluncurkan pada Kamis (02/02/2023) di Kantor Kecamatan Babahrot Kabupaten Abdya.

Ketua TP-PKK Abdya Hj Zulhijjah Darmansah mengatakan saat itu strategi gerakan PKK yang disampaikan dalam Mukernas IX PKK 2021 berpusat pada tiga isu utama, yakni pengendalian Covid-19, penurunan nilai tukar dan penguatan ekonomi masyarakat. 

“Terkait hal tersebut menunjukkan bahwa masalah stunting merupakan salah satu isu utama dalam pelaksanaan gerakan PKK, karena pada dasarnya isu stunting juga menjadi isu yang mengancam kesejahteraan keluarga di Indonesia.” kata Zulhijjah.

Program PeKa-ASA lahir sebagai bagian dari upaya TP-PKK untuk memberikan pendidikan kesehatan dan parenting kepada para ibu dari anak Abdya yang cacat. Pelaksanaan kegiatan PeKa-ASA harus dilakukan di sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya dengan sasaran ibu dan anak kurang mampu. Saat pertama kali dilaksanakan, dilaksanakan di Kecamatan Babahroti yang memiliki jumlah anak terbelakang terbanyak di antara delapan kecamatan lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya