24 C
id

Turki, Indonesia Menandatangani Perjanjian Kerjasama Militer di Ankara

Turki, Indonesia Menandatangani Perjanjian Kerjasama Militer di Ankara
November lalu, lima perjanjian ditandatangani antara Türkiye dan Indonesia
(Foto: AA Archive)
ISTANBUL - Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar telah bertemu dengan timpalannya dari Indonesia Prabowo Subianto di ibu kota Ankara untuk membahas hubungan bilateral.

Setelah melakukan one on one talk dan menghadiri pertemuan antardelegasi pada Jumat, Akar dan Prabowo menandatangani rencana pelaksanaan kerja sama militer.

Meski jarak geografis yang jauh antara Türkiye dan Indonesia, kata Akar, sejarah dan hubungan bilateral membuat kedua negara semakin dekat.

“Penting bagi kita untuk meningkatkan potensi kerja sama antara negara kita dalam pelatihan militer, latihan, dan industri pertahanan.

“Kami percaya bahwa rencana implementasi kerja sama militer yang kami tandatangani hari ini akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan kami dan dunia,” tambahnya.


'Sangat bersejarah dan sangat penting'

Sementara itu, Prabowo mengatakan mereka menandatangani rencana aksi yang “sangat bersejarah dan sangat penting”, yang akan meningkatkan kemitraan strategis.

"Saya sangat optimis dengan kerja sama yang erat... kita berdua dapat berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di dunia," katanya.

Menekankan bahwa Indonesia dan Türkiye memiliki sejarah panjang dan hubungan yang dinamis, menteri tersebut mengatakan bahwa rencana tersebut akan dilaksanakan sesegera mungkin.

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya