24 C
id

17 Gampong Dilanda Banjir Di Abdya, Pj Bupati Datang Langsung Ke Lokasi

 

17 Gampong Dilanda Banjir Di Abdya, Pj Bupati Datang Langsung Ke Lokasi
Pj Bupati Abdya, H Darmansah S.Pd MM langsung turun ke lokasi meninjau kondisi banjir akibat terjadinya penyumbatan di jembatan Padang Kawa, Kecamatan Tangan Tangan (Foto: Dok. Tagana Abdya)
BLANGPIDIE - Pada tanggal 2-3 Maret 2023, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilanda hujan deras yang menyebabkan banjir di empat kecamatan di wilayah tersebut. Informasi tersebut didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya.

Pj Bupati Abdya, H Darmansah S.Pd MM turun langsung ke lokasi dan memerintahkan instansi terkait untuk menurunkan alat berat guna membersihkan aliran sungai yang dangkal dan tersumbat.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam sarana pendidikan, Pos Koramil, tempat ibadah, dan sarana kesehatan. Terdapat 17 gampong di empat kecamatan yang terkena banjir.

Saluran drainase juga mengalami kerusakan dan penyumbatan di beberapa tempat. Penumpukan sampah memadati saluran di jembatan Gampong Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan.

Tim TRC BPBK, SAR, TNI, Polri, Tagana, dan pihak lainnya sedang melakukan monitoring dan pemantauan langsung ke lapangan terkait penanganan banjir. Bantuan untuk beberapa KK yang kesulitan air minum dan makanan juga sedang didistribusikan.

Kalak BPBK Abdya, Armayadi ST menjelaskan bahwa Posko untuk wilayah Lembah Sabil, Manggeng dan Tangan-Tangan standby di kantor Pos Damkar Manggeng. Adapun 17 gampong yang dilanda banjir yaitu di Gampong Ladang Tuha II, Alue Rambot, Kuta Paya, dan Suka Damai di Kecamatan Lembah Sabil.

Kemudian di Kecamatan Manggeng, yakni di Gampong Tokoh I, Blang Manggeng, Sejahtera, Lhok Pawoh dan Padang. Selanjutnya di Kecamatan Tangan-tangan, yakni di Gampong Drien Jalo, Gampong Masjid, Sual Nibong, Padang Kawa dan Suaq Labu.

Sedangkan Gampong yang terkena banjir di Kecamatan Setia, yakni Gampong Ujong Tanah, Tangan-tangan Cut, dan Gampong Cinta Makmur.

Hujan deras yang melanda Kabupaten Abdya ini disebut-sebut sebagai akibat dari cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa pekan terakhir.

Untuk mengatasi dampak banjir yang terjadi, Pj Bupati Abdya, H Darmansah S.Pd MM meminta seluruh instansi terkait untuk bekerja sama dalam memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Selain itu, warga yang tinggal di daerah rawan banjir diimbau untuk lebih waspada dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca.

Banjir yang terjadi di Kabupaten Abdya ini juga mengingatkan kita akan pentingnya upaya pencegahan bencana alam. Upaya-upaya seperti penataan tata ruang yang baik, pengelolaan lingkungan yang benar, dan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat diharapkan dapat mengurangi dampak bencana alam di masa yang akan datang.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA