24 C
id

5 Kota Terbahagia di Provinsi Aceh Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia

5 Kota Terbahagia di Provinsi Aceh Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia
Masjid Raya Baiturrahman kota Banda Aceh. (Foto: Pixabay)
ACHEHNETWORK.COM - Provinsi Aceh memiliki 23 wilayah yang terdiri dari 18 kabupaten dan 5 kota dengan total luas wilayah 57.956 km2. Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2016 hingga 2021, terdapat 5 kota terbahagia di Provinsi Aceh.

IPM merupakan indikator pencapaian pembangunan hidup manusia yang meliputi kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Berikut adalah 5 kota terbahagia di Provinsi Aceh menurut BPS dalam Angka 2022:

1. Banda Aceh

Banda Aceh menempati posisi pertama sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan IPM sebesar 85,71 persen. Namun, tingkat perceraian di Kota Banda Aceh tercatat cukup tinggi yaitu 301 kasus, yang menempati urutan kedua setelah Kota Langsa.

2. Lhokseumawe

Lhokseumawe berada di posisi kedua kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan nilai IPM mencapai 77,57 persen. Namun, data BPS tahun 2021 menunjukkan tingkat perceraian di wilayah ini mencapai 281 kasus.

3. Langsa

Langsa menempati posisi ketiga sebagai kota paling bahagia di Provinsi Aceh dengan IPM sebesar 77,44 persen pada tahun 2021. Namun, angka perceraian di wilayah ini cukup tinggi mencapai 322 kasus.

4. Sabang

Sabang berada di urutan keempat sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan tingkat kebahagiaan mencapai 76,11 persen. Tingkat perceraian di daerah ini tercatat yang paling sedikit, yaitu 59 kasus pada tahun 2021.

5. Subulussalam

Subulussalam masuk dalam urutan kelima sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan IPM sebesar 65,27 persen. Tingkat perceraian di daerah ini hanya 88 kasus.

Demikianlah informasi tentang 5 kota terbahagia di Provinsi Aceh yang diambil dari data BPS.

Dalam rangkuman tersebut, dapat dilihat bahwa Kota Banda Aceh menempati posisi teratas sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan nilai IPM sebesar 85,71 persen pada tahun 2021. Namun demikian, tingkat perceraian di kota ini cukup tinggi, yakni mencapai 301 kasus dan berada di urutan kedua setelah Kota Langsa.

Selanjutnya, urutan kedua kota terbahagia di Provinsi Aceh dipegang oleh Lhokseumawe dengan nilai IPM sebesar 77,57 persen pada tahun 2021. Sementara itu, tingkat perceraian di kota ini tercatat sebanyak 281 kasus pada tahun yang sama.

Di urutan ketiga terdapat Kota Langsa dengan IPM sebesar 77,44 persen pada tahun 2021. Namun, tingkat perceraian di kota ini terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 322 kasus pada tahun yang sama.

Kota Sabang menempati urutan keempat sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan nilai IPM sebesar 76,11 persen pada tahun 2021. Meskipun demikian, tingkat perceraian di kota ini tercatat sebagai yang paling sedikit di antara lima kota terbahagia tersebut, yakni hanya 59 kasus pada tahun yang sama.

Terakhir, Kota Subulussalam menempati urutan kelima sebagai kota terbahagia di Provinsi Aceh dengan IPM sebesar 65,27 persen pada tahun 2021. Tingkat perceraian di daerah ini juga terbilang cukup rendah, yakni hanya 88 kasus pada tahun yang sama.

Dari rangkuman ini dapat dilihat bahwa pembangunan manusia di Provinsi Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun, meskipun masih terdapat beberapa masalah seperti tingkat perceraian yang cukup tinggi di beberapa kota. Namun, dengan adanya data ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk lebih fokus dalam mengembangkan wilayah-wilayah yang masih memiliki kekurangan dalam pembangunan manusia.[]

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA