24 C
id

Pekan Raya Cahaya Aceh Telah Dibuka, Kunjungi di Taman Bustanussalatin

Pekan Raya Cahaya Aceh Telah Dibuka, Kunjungi di Taman Bustanussalatin
Pembukaan Pekan Raya Cahaya Aceh (Foto: SS disbudpar.aceh)
BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh kembali menggelar Pekan Raya Cahaya Aceh (PRCA) tahun ini. PRCA kali ini adalah sebuah event ekshibisi ekonomi kreatif (ekraf) dan akan digelar di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh, pada tanggal 10-12 Maret 2023.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, T Hendra Faisal, membuka acara tersebut mewakili Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal dan mengatakan bahwa PRCA tahun ini akan menampilkan enam sub sektor Ekraf unggulan Aceh, yaitu fesyen, kuliner, musik, seni rupa, seni pertunjukkan, dan kriya.

Hendra juga menjelaskan bahwa PRCA tahun ini akan melaksanakan focus group discussion (FGD) dengan tujuan untuk meningkatkan public speaking, packaging (pengemasan produk), dan promosi yang baik guna mampu bersaing dengan pelaku usaha di luar daerah. FGD ini dilaksanakan sejak kemarin hingga hari ini dan mendapat antusias yang sangat luar biasa dari peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Aceh.

Selain PRCA, Disbudpar Aceh juga mengingatkan tentang dua event unggulan Aceh lainnya, yaitu Tour de Aceh (11-12 Maret) dan Sabang Marine Festival (SMF) pada 17-19 Maret 2023.

Hendra berharap, dampak dari semua event yang telah terangkum dalam Khazanah Piasan Nanggroe atau Calender Event of Aceh tahun 2023 turut mendorong perekonomian Aceh, membangun jiwa kewirausahaan masyarakat dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mewujudkan target 2,5 juta kunjungan wisatawan tahun 2023.

“Event yang ada di seluruh kabupaten/kota yang terangkum 76 event yang baru diluncurkan di Jakarta beberapa hari yang lalu dapat memberikan stimulus yang baik, serta menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Aceh di tahun ini," tutup Hendra.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya