24 C
id

Peringatan NATO: Bakhmut Berpotensi Jatuh ke Tangan Rusia dalam Beberapa Hari

Peringatan NATO: Bakhmut Berpotensi Jatuh ke Tangan Rusia dalam Beberapa Hari
Tentara Ukraina menembakkan meriam self-propelled ke posisi Rusia di dekat Bakhmut (Libkos/AP Photos)
BAKHMUT - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, telah memperingatkan bahwa kota Bakhmut di Ukraina timur mungkin akan jatuh ke tangan Rusia dalam beberapa hari mendatang. Hal ini terjadi setelah terjadi pertempuran sengit di kota tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Pernyataan ini muncul setelah kelompok tentara bayaran Rusia, Wagnera, yang telah memimpin serangan terhadap Bakhmut, mengklaim telah merebut bagian timur dari kota industri ini. Kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang juga merupakan sekutu Kremlin, mengumumkan di media sosial bahwa pasukannya telah merebut seluruh bagian timur Bakhmut. Sebelum terjadinya perang, Bakhmut merupakan sebuah kota tambang garam dengan populasi sekitar 80.000 jiwa.

Konflik antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung selama lebih dari setahun. Pertempuran sengit terjadi di sekitar kota Bakhmut, yang menjadi salah satu pertempuran terpanjang dan paling berdarah dalam invasi Rusia ke Ukraina. Hal ini telah menyebabkan sebagian besar wilayah Ukraina hancur dan jutaan orang menjadi pengungsi.

Stoltenberg menyatakan bahwa Rusia sedang mengerahkan lebih banyak tentara dan pasukan dan mencoba meningkatkan kualitas mereka secara kuantitas. Ia juga mengatakan bahwa kemungkinan Bakhmut akan jatuh dalam beberapa hari mendatang, tetapi hal ini tidak berarti titik balik perang telah terjadi.

Sebelumnya, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, telah mengingatkan dalam sebuah wawancara bahwa jika Bakhmut jatuh ke tangan pasukan Rusia, mereka dapat melangkah lebih jauh dan menyerang kota-kota terdekat di wilayah Donetsk. Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, juga telah menyatakan bahwa mengambil alih kota tersebut akan memungkinkan "operasi ofensif lebih lanjut" di timur Ukraina.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya