24 C
id

Razia Knalpot Brong di Aceh Barat: Polisi dan TNI Amankan 6 Sepmor dan Sita Knalpot

Razia Knalpot Brong di Aceh Barat: Polisi dan TNI Amankan 6 Sepmor dan Sita Knalpot
Petugas mengamankan sepmor berknalpot brong. (Foto: tangkapan layar/haba aceh)
MEULABOH - Pada hari Jumat, 31 Maret 2023, petugas gabungan yang terdiri dari Detasemen Polisi Militer (Denpom) IM 2, Polres Aceh Barat, dan petugas TNI, melaksanakan razia dadakan di Kabupaten Aceh Barat. Razia tersebut dilakukan guna menindak pengendara sepeda motor yang memakai knalpot brong yang kerap menimbulkan suara bising dan bau tak sedap yang mengganggu kenyamanan warga, terutama di bulan Ramadan saat warga sedang beribadah.

Razia tersebut dilaksanakan oleh Kanit Regident Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Barat, Ipda Aza Nudin, bersama timnya. Mereka melakukan mobile dengan keliling mencari kendaraan yang menggunakan knalpot brong. Setelah menemukan kendaraan tersebut, petugas langsung menggiringnya ke pos lalu lintas untuk dibina agar tidak lagi mengulangi perbuatan serupa di kemudian hari.

Razia tersebut dilakukan di seputaran Kota Meulaboh, khususnya di daerah kawasan padat penduduk. Hal ini dilakukan guna menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, serta kenyamanan warga saat beribadah di bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

Pada razia yang berlangsung pada sore hari itu, petugas berhasil mengamankan enam unit sepeda motor yang menggunakan knalpot brong. Kendaraan tersebut kemudian disita, sedangkan pengendaranya dibina oleh petugas untuk tidak lagi menggunakan knalpot brong di kemudian hari.

Kanit Regident Satlantas Polres Aceh Barat, Ipda Aza Nudin, menjelaskan bahwa razia ini merupakan tanggapan atas keluhan masyarakat terhadap pengendara sepeda motor yang memakai knalpot brong. Meskipun mereka sudah sering diimbau, namun tidak mengindahkan. Oleh karena itu, petugas akan terus merutinkan razia semacam ini guna menegakkan aturan dan menjaga kenyamanan warga.

Ipda Aza Nudin juga menyatakan bahwa kendaraan yang menggunakan knalpot brong sangat mengganggu warga, terutama di bulan Ramadan saat warga sedang beribadah. Oleh karena itu, petugas akan terus menggelar razia semacam ini guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan mengurangi polusi suara dan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh kendaraan tersebut

Dalam razia selanjutnya, petugas akan meningkatkan kembali jumlah kendaraan yang akan ditindak. Tujuannya agar di Aceh Barat tidak lagi ada pengguna knalpot brong. Knalpot brong yang disita akan dijaga oleh petugas dan akan dilakukan pres rilis pada akhir tahun guna penindakan selanjutnya.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll