24 C
id

Waduk Keuliling Indrapuri Dipilih sebagai Venue Dayung PON 2024 di Aceh Besar

Waduk Keuliling di Indrapuri Dipilih sebagai Venue Dayung PON 2024 di Aceh Besar
Waduk Keuliling Indrapuri, yang terletak di Kecamatan Cot Glei, Kabupaten Aceh Besar. (Foto: Google Maps)
JANTHO - Waduk Keuliling Indrapuri, yang terletak di Kecamatan Cot Glei, Kabupaten Aceh Besar, dipilih sebagai tempat untuk cabang olahraga dayung dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan datang. Dalam waktu tempuh hanya 30 menit dari pusat kota Banda Aceh, lokasi venue Cabor Dayung PON ini sangat mudah dijangkau oleh para atlet maupun penonton yang ingin menyaksikan pertandingan.

Waduk Keuliling dibangun pada tahun 2008 dengan luas area 330 hektar dan kedalaman mencapai 30 meter. Debit airnya mencapai 18 ribu kubik per meter kubik dan diawasi oleh Balai Waduk dan Sungai (BWS) Aceh PUPR. Hanya berjarak 5,3 kilometer dari jalan negara dan sangat dekat dengan Jalan Tol Sibanceh, Waduk Keuliling selama ini sudah menjadi lokasi wisata yang cocok untuk digunakan sebagai tempat perlombaan olahraga air, termasuk dayung.

Ketua Pengprov PODSI Aceh, Sulaiman Badai, saat mengunjungi lokasi venue dayung mengatakan bahwa Waduk Keuliling, Kecamatan Kuta Cot Gle, Indrapuri Aceh Besar dipilih sebagai lokasi untuk cabang olahraga dayung PON setelah berkoordinasi dengan Ketua PB PODSI, Lusat Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Menteri PUPR.

"Ketua PB PODSI Pusat setuju lokasi Waduk Keuliling Indrapuri dijadikan venue PON cabang olahraga dayung," jelas Sulaiman Badai didampingi Sekretaris PODSI Aceh, Sofi, pada Sabtu (1/4/2023).

Sulaiman Badai juga menyatakan bahwa saat ini lokasi Waduk Keuliling sedang disiapkan dengan perluasan area tanding dan fasilitas lain yang diperlukan dalam pertandingan. Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KONI Aceh mengenai kesiapan atlet dayung.

"Dalam waktu dekat, akan ada pengerukan beberapa bagian di tengah Waduk Keuliling karena untuk pertandingan membutuhkan lokasi yang lebih panjang, sehingga dua gundukan bukit dalam waduk akan dibypass," kata Sulaiman.

Ia juga mengatakan bahwa arena olahraga dayung akan terus menggunakan lokasi Waduk Keuliling dan sekaligus dijadikan arena wisata air. Kementerian PUPR dan Perkim telah memberikan dukungan untuk penambahan fasilitas di area Waduk Keuliling. Bahkan, tender untuk perluasan area tanding sudah diluncurkan dengan besaran anggaran sebesar Rp 15 miliar. Semua ini bertujuan untuk mempersiapkan PON Aceh-Sumut yang akan berlangsung pada September 2024.

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya