24 C
id

Kemarau Melanda Aceh Besar, Debit Air Pemandian Mata Ie Mulai Berkurang

Kemarau Melanda Aceh Besar, Debit Air Pemandian Mata Ie Mulai Berkurang
Pemandian Mata Ie mengalami penurunan debit air. (Foto: tangkapan layar)
JANTHO - Pemandian Mata Ie di Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, mulai mengalami penurunan debit air. Hal ini terjadi karena beberapa hari terakhir tidak ada hujan dan kemarau melanda daerah tersebut. Melansir dari AJNN, beberapa bagian kolam di objek wisata tersebut sudah mulai mengering, namun beberapa kolam lainnya masih tergenang air. Meski aktivitas mencuci masih berjalan seperti biasa, namun debit air yang mengalir tidak sekuat biasanya.

Malika, seorang warga Mata Ie, mengatakan bahwa debit air di rumahnya juga mengalami penurunan selama beberapa hari terakhir karena cuaca yang saat ini sangat panas.

"Air di mata ie diperkirakan mulai kering karena cuaca yang saat ini terbilang panas. Selama beberapa hari debit air di rumah saya juga tidak deras seperti biasanya, bahkan terkadang macet," ucapnya pada Minggu, 2 Maret 2023.

Sementara itu, Anang Herianto, seorang prakirawan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, mengatakan bahwa hasil monitoring menunjukkan bahwa Aceh Besar belum memasuki puncak kemarau yang diharapkan terjadi pada bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Namun, cuaca yang cerah tidak selalu berarti kemarau secara terus-menerus karena masih ada prakiraan hujan dengan intensitas ringan di beberapa daerah di Aceh Besar.

Meskipun demikian, masyarakat di sekitar Pemandian Mata Ie perlu tetap waspada terhadap penurunan debit air yang terjadi di objek wisata tersebut.

Diperlukan upaya untuk menjaga ketersediaan air di daerah tersebut dengan menghemat penggunaan air sehari-hari. Selain itu, diharapkan juga agar pemerintah setempat dapat memperhatikan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga ketersediaan air di masa kemarau yang akan datang.[]

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya