24 C
id

Polres Bener Meriah Kembali Terapkan Tilang Manual untuk Penegakan Hukum Lalu Lintas

Polres Bener Meriah
Pengumuman resmi Polres Bener Meriah. (Foto: tangkapan layar)
REDELONG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bener Meriah mengumumkan bahwa mereka akan kembali memberlakukan tilang manual sebagai upaya penegakan hukum aturan lalu lintas di kabupaten tersebut. "Kami akan kembali menerapkan tilang manual. Para pengendara diharapkan patuh terhadap peraturan lalu lintas," ujar Kapolres Bener Meriah, AKBP Nanang Indra Bakti, dalam pengumuman resmi yang disampaikan pada Sabtu, 21 Mei 2023.

Nanang menjelaskan bahwa beberapa pelanggaran lalu lintas akan ditindak secara manual, antara lain pengendara di bawah umur dan berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, pelanggaran lainnya yang akan ditindak secara manual meliputi pengemudi yang sedang menggunakan handphone saat berkendara, menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm, dan melampaui batas kecepatan yang ditentukan.

Selain itu, pelanggaran seperti berkendara di bawah pengaruh alkohol, kendaraan bermotor tidak sesuai spesifikasi, dan penggunaan kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya juga akan menjadi target tilang manual.

"Kendaraan bermotor yang kelebihan muatan (overload) dan kendaraan tanpa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau menggunakan TNKB palsu juga akan menjadi sasaran tilang manual," tambah Nanang.

Sebelumnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah lama tidak menerapkan tilang manual karena lebih memprioritaskan penindakan melalui sistem online dengan bantuan pemantauan CCTV.

Namun, penilangan online dinilai kurang efektif karena kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas mengalami penurunan. Oleh karena itu, diambil keputusan untuk kembali menerapkan tilang manual guna meningkatkan disiplin berlalu lintas.

Dengan diberlakukannya tilang manual, diharapkan masyarakat dapat lebih mematuhi aturan lalu lintas dan menghindari pelanggaran yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Polres Bener Meriah tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas di wilayahnya demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua pengguna jalan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya