24 C
id

Transformasi Jalan Menuju Pantai Batee Puteh: Meningkatkan Akses Wisata dan Pertumbuhan Ekonomi di Aceh Barat

Pantai Batee Puteh
Hasil 3D (Foto: Dinas PUPR Aceh Barat)
ACEH BARAT - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat siap memperbaiki akses jalan ke Pantai Batee Puteh, yang juga merupakan jalur menuju Tugu Kupiah Meukutop Teuku Umar di Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan.

Saat ini, kondisi jalan tersebut dianggap tidak memadai untuk dilalui oleh masyarakat maupun wisatawan lokal yang ingin mengunjungi tempat tersebut. Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Kurdi, mengungkapkan bahwa pembangunan dan perbaikan jalan menuju objek wisata bersejarah ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan dua sumber anggaran.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Tahap pertama akan menggunakan Dana Transfer Umum (DTU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK), sedangkan tahap kedua akan menggunakan anggaran dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA)," ujar Kurdi pada Rabu, 24 Mei 2023.

Kurdi juga menjelaskan bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki ruas jalan menuju objek wisata tersebut mencapai sekitar Rp8 miliar. Rencananya, jalan tersebut akan dibuat menjadi dua jalur mengingat tingginya minat masyarakat dari berbagai daerah yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut.

"Untuk tahun 2023, proyek ini telah dimasukkan dalam tender dengan anggaran sebesar Rp400 juta dari DTU-APBK Aceh Barat. Harapannya, tender ini dapat segera selesai dalam dua minggu dan pekerjaan dapat segera dilaksanakan," tambah Kurdi.

Usulan untuk membuat jalan dua jalur ini telah disetujui oleh Pj Bupati Aceh Barat setelah kunjungannya ke kawasan tersebut dalam rangka peninjauan untuk program pembangunan kawasan ekonomi. 

"Usulan untuk jalan dua jalur di lokasi ini didasarkan pada kunjungan Pj Bupati Aceh Barat saat melakukan peninjauan di kawasan Batu Putih, Ujung Kalak beberapa minggu yang lalu," jelasnya.

Dengan adanya infrastruktur yang memadai, Kurdi berharap bahwa ini akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut serta meningkatkan perekonomian warga setempat.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya