24 C
id

Bertambah 1 Orang Lagi, Jemaah Haji Asal Aceh yang Meninggal Dunia di Arab Saudi Total 5 jiwa

Jemaah Haji
Ilustrasi pemakaman Jemaah Haji (Foto: Ist)
BANDA ACEH  -  Dalam perjalanan ibadah hajinya, Abdullah Meglih (82), seorang jemaah haji asal Kabupaten Aceh Barat dalam kelompok terbang (Kloter) 3, telah meninggalkan dunia di Arab Saudi pada Sabtu, 24 Juni 2023, sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengungkapkan bahwa Abdullah Meglih, yang memiliki paspor C8915867 dan berasal dari Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, wafat di Rumah Sakit Heera, Mekah.

Menurut sertifikat kematian yang dikeluarkan oleh KKHI Mekah, Abdullah Meglih didiagnosis mengalami syok septis (septic shock) akibat infeksi pneumonia (radang paru-paru).

Sebelumnya, Abdullah telah menjalani perawatan di RS Al Noer, Mekah, sejak Minggu, 11 Juni 2023. Kemudian, pada tanggal 16 Juni, beliau dirujuk ke RS Heera hingga akhirnya meninggal dunia.

Azhari menjelaskan bahwa petugas kloter bersama dengan pihak maktab telah melakukan proses fardu kifayah dan pengurusan jenazah untuk Abdullah Meglih.

"Almarhum akan dimakamkan di Syaraya. Kita mendoakan semoga segala dosa-dosanya diampuni dan beliau ditempatkan di sisi Allah SWT," ujar Azhari pada Minggu, 25 Juni 2023. Azhari juga menambahkan bahwa jumlah jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi kini bertambah menjadi lima orang.

Kepergian Abdullah Meglih adalah sebuah hikmah yang meninggalkan kesan mendalam bagi jemaah haji Aceh Barat dan seluruh komunitas muslim. Meskipun ia telah berpulang, jejak kebaikan dan amal ibadahnya akan tetap melekat dalam hati mereka.

Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadahnya dan memberikan ketenangan kepada keluarga yang ditinggalkan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya