24 C
id

MPU Aceh Tengah Imbau Masyarakat Gelar Shalat Istisqa untuk Memohon Hujan

Shalat Istisqa
Ilustrasi Shalat Istisqa (Foto: Okezone)
ACEH TENGAH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat setempat untuk melaksanakan shalat Istisqa, yaitu shalat memohon hujan.

Imbauan ini disampaikan melalui surat resmi yang ditujukan kepada para Camat, dengan harapan dapat disampaikan kepada seluruh kepala desa di wilayah tersebut.

Ketua MPU Aceh Tengah, Tgk Amry Jalaluddin, menyampaikan pentingnya melaksanakan shalat Istisqa mengingat kondisi musim kemarau yang berkepanjangan, tingginya kebakaran hutan dan lahan, serta kebutuhan air yang meningkat bagi semua makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan.

Dalam surat imbauan tersebut, masyarakat diingatkan untuk melaksanakan shalat Istisqa di masjid dan meunasah masing-masing sambil berdoa.

Tgk Amry mengungkapkan harapannya, "Dengan dilaksanakannya shalat Istisqa, kita berharap Allah SWT akan menurunkan hujan dan menjaga supaya mata air tidak mengering."

Sejumlah warga Aceh Tengah telah merespons imbauan tersebut dengan melaksanakan shalat Istisqa, salah satunya di Masjid Agung Ruhama Takengon. Pelaksanaan shalat ini dilakukan setelah shalat Jumat berlangsung.

Upaya untuk memohon hujan melalui shalat Istisqa merupakan bentuk ketaatan dan pengharapan kepada Allah SWT sebagai pencipta alam semesta.

Masyarakat Aceh Tengah berharap agar permohonan ini didengar dan dikabulkan oleh-Nya, sehingga musim hujan segera tiba dan dapat memberikan kesegaran serta manfaat bagi semua makhluk hidup di wilayah tersebut.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya