24 C
id

Stok Hewan Ternak Cukup untuk Meugang Idul Adha di Aceh Barat: Diprediksi Rp170 Ribu Per Kg

Meugang Idul Adha
Ilustrasi Daging Meugang (Foto: Net)
ACEH BARAT - Dalam menyambut perayaan tradisi Meugang Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Aceh Barat memastikan ketersediaan hewan ternak yang cukup.

Harga daging sapi, kerbau, dan ayam diprediksi tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Kabid Peternakan Disbunak Aceh Barat, Nyak Ali, menjelaskan bahwa perkiraan harga daging sapi dan kerbau pada Meugang Idul Adha mencapai Rp170 ribu per kilogram (kg), sementara daging kambing sekitar Rp120 ribu per kg, dan daging ayam seharga Rp60 ribu per ekor.

"Perkiraan harga ini didasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, baik pada Meugang Ramadan maupun Idul Fitri yang lalu. Namun, harga pasti ditentukan oleh kesepakatan antara para pedagang," ungkap Nyak Ali pada Senin, 26 Juni 2023.

Nyak Ali juga menyebutkan bahwa jumlah populasi hewan ternak yang tersedia untuk Meugang dan kurban Idul Adha 1444 Hijriah di Aceh Barat mencapai 35.489 ekor, jumlah tersebut diprediksi mencukupi kebutuhan di wilayah tersebut.

Rinciannya adalah 872 ekor sapi jantan, 23 ekor sapi betina tidak produktif, 2.501 ekor kerbau jantan, dan 34 ekor kerbau betina tidak produktif. Sementara itu, terdapat 832 ekor kambing dan 31.227 ekor ayam yang tersebar di 12 kecamatan.

"Insyaallah, kebutuhan untuk Meugang Idul Adha 1444 Hijriah dari 27 Juni hingga 28 Juni ini akan tercukupi. Besok, kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak tersebut," tambah Nyak Ali dengan penuh keyakinan.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll