24 C
id

Euforia Merah Putih di Ekspedisi Alam: Bendera Indonesia Berkibar di 17 Gua Pidie

Bendera Merah Putih, Ekspedisi Alam, Ekspedisi Merah Putih
Kepala Disparpora Pidie, Dinas Edy Saputra, melepas tim ekspedisi pengibaran bendera Merah Putih di 17 Gua
Achehnetwork.com, Pidie - Sekumpulan pemuda-pemudi bersemangat dari berbagai komunitas pecinta alam dan kreatif telah bersatu dalam suatu misi agung.

Mereka siap mengibarkan bendera Indonesia dalam sebuah ekspedisi epik yang diberi nama "17 Cave Expedition Merah Putih 2023."

Tidak tanggung-tanggung, ekspedisi ini akan berlangsung mulai dari tanggal 21 Juli hingga 17 Agustus sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78.

Para peserta ekspedisi ini terdiri dari beragam latar belakang, termasuk Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala), Penggiat Alam Bebas, Komunitas Perfilman Pidie, Pramuka Racana, dan Komunitas Kreatif serta Seni daerah setempat.

Di bawah komando seorang pemuda bernama Zian Mustaqin selaku Ketua Tim, mereka siap menghadapi tantangan luar biasa dalam misi membangkitkan semangat kemerdekaan.

Zian Mustaqin menjelaskan dengan penuh semangat bahwa metode yang akan mereka gunakan adalah metode marathon.

Setiap hari, tim berharap dapat menemukan dan mengibarkan Bendera Merah-Putih di salah satu dari 17 gua yang terletak di Kecamatan Batee dan Muara Tiga, Pidie.

Jumlah anggota tim yang berjumlah 17 orang ini sepertinya menjadi pertanda baik dan semacam alasan takdir bagi kesuksesan misi mereka.

Tak hanya itu, misi mulia ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi di antara komunitas pencinta alam dan kreatif.

Kebersamaan dalam perjalanan ini diharapkan mampu menginspirasi semangat dan kreativitas yang tiada batas bagi para pemuda Pidie.

Tidak hanya terpaku pada ekspedisi semata, namun dalam sela-sela perjalanan, Zian dan timnya juga menyempatkan diri untuk mengumpulkan data penelitian tentang kawasan kars Pidie.

Data ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan kawasan wisata, terutama geowisata, dan ilmu penyelamatan (rescuer) yang diberikan kepada komunitas pemuda setempat.


Dalam visi mereka yang luar biasa, hasil penelitian tersebut akan diolah menjadi film dokumenter yang menampilkan potensi-potensi gua atau kawasan kars Pidie.

Dengan begitu, pemerintah dapat memperhatikan dan melindungi ekosistem yang ada di wilayah tersebut.

Dalam pandangan mereka, Pidie memiliki pesona alam yang tak ternilai harganya, dan melalui dokumenter ini, mereka berharap dunia bisa melihat dan mencintai Pidie sebagaimana diri mereka mencintai tanah air.


Tidak hanya menjadi misi pemuda belaka, namun pihak pemerintah setempat juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ekspedisi ini.

Edy Saputra, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pidie menyatakan rasa antusias dan dukungan yang tulus terhadap ekspedisi penelusuran dan pengibaran Bendera Merah-Putih di 17 Gua Kecamatan Batee dan Muara Tiga.

Baginya, ekspedisi ini akan menjadi langkah awal untuk memetakan kondisi gua-gua tersebut sehingga dapat dijadikan objek wisata yang menarik bagi pengunjung.

Dalam bayang-bayang bulan kemerdekaan, bendera Merah-Putih akan berkibar dengan gagah di dalam pelukan alam Pidie.

Sepuluh jari tangan pemuda-pemudi berbakat akan mengibarkan bendera sang saka, mengukir sejarah baru, dan menyalakan bara semangat bagi generasi muda Indonesia.

Semoga perjuangan mereka memberi inspirasi bagi kita semua untuk mencintai alam, merawat warisan leluhur, dan tetap mengibarkan semangat merah-putih dalam setiap langkah kehidupan kita. Merdeka!

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya