24 C
id

Tokoh Muda Aceh Jaya Desak Pembangunan Tanggul Batu Gajah untuk Mengatasi Abrasi di DAS Krueng Teunom

DAS Krueng Teunom, Abrasi, Tanggul Batu Gajah
Abrasi Makin Melebar di Krueng Teunom Aceh Jaya (Foto: Ist)
Achehnetwork.com, Aceh Jaya -  Tokoh muda dari Aceh Jaya, Nasri Saputra, mengemukakan desakan kepada pemerintah setempat agar segera membangun tanggul batu gajah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Teunom.

Sungai ini mengalami masalah parah akibat abrasi yang semakin memburuk, menyebabkan kerugian bagi warga karena lahan perkebunan mereka amblas ke dalam sungai.

Nasri mengungkapkan keprihatinannya terhadap tiga desa di sekitar Krueng Teunom yang terus menerus terkikis dan terkena abrasi, yaitu Desa Tuwi Perya, Lhok Guci, dan Tuwi Kareung, yang berada di Kecamatan Pasie Raya.

"Dengan tegas kami mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk segera membangun tanggul batu gajah sebagai solusi, agar abrasi tidak terus menyebar dan masyarakat tidak mengalami kerugian yang lebih besar," ujar Nasri.

Menurut Nasri, anggaran untuk pembangunan tanggul di DAS Krueng Teunom sudah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK).

Namun, dia sangat khawatir bahwa jika pembangunan ini tidak segera direalisasikan, warga sekitar akan terus menderita.

"Sesuai dengan informasi yang kami peroleh dari warga, kondisinya saat ini tinggal beberapa meter lagi sebelum abrasi yang mengancam itu mencapai mulut alur sungai. Jika hal ini terjadi, maka DAS Krueng Teunom berpotensi mengalami perubahan alur sungai yang lebih parah," ungkapnya.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media


ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya