24 C
id

Lagi, Jamaah Haji Asal Aceh Meninggal di Arab Saudi, Total Jadi 7 Jiwa

Jamaah Haji Aceh
Ilustrasi (Foto: net)
MEKKAH - Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, menyampaikan berita yang menyedihkan.

Seorang jamaah haji dari kelompok terbang (Kloter) 08 asal Kabupaten Aceh Utara, Nurhayati Amin Hanafi (48 tahun), telah meninggal dunia di Arab Saudi pada Senin, 3 Juli 2023.

Kabar duka ini disampaikan oleh petugas Kloter 08-BTJ, Munzir, dari Mekah. Nurhayati meninggal dunia di Makkah Medical Center, Mekah, dan memiliki paspor dengan nomor E1020300 asal Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Azhari menjelaskan bahwa berdasarkan sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan oleh Kantor Kesehatan Haji (KKHI) Mekah, Nurhayati didiagnosis mengalami serangan jantung (Infarct myocardial) dan syok jantung (cardiogenic shock).

"Almarhumah juga memiliki riwayat penyakit gula dan hipertensi," ungkap Azhari pada Selasa, 4 Juli 2023.

Sebelum meninggal, Nurhayati menjalani perawatan di RS King Abdullah sejak Jumat, 30 Juni 2023. Sebelumnya, dia juga dirawat di RS Mina Al-Wadee, Mekah, selama dua hari sejak Rabu, 28 Juni 2023.

Azhari menjelaskan bahwa almarhumah kemudian dipindahkan dari RS King Abdullah ke RS Makkah Medical Center pada hari Minggu, 2 Juli 2023.

Hal ini dilakukan agar penanganan pasien dapat dilakukan secara maksimal mengingat fasilitas medis yang lebih lengkap di RS Makkah Medical Center.

Azhari juga memastikan bahwa Nurhayati telah melaksanakan rukun dan wajib haji dengan baik.

 "Terkait pelaksanaan Armuzna, Nurhayati sudah melaksanakannya. Kebetulan suaminya juga ikut haji dan beliau dalam keadaan sehat," tambah Azhari.

Dengan meninggalnya Nurhayati, jumlah jamaah haji asal Aceh yang meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji menjadi 7 orang.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) dari Kota Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 04-BTJ meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, pada Minggu, 4 Juni 2023.

Kemudian, Marzuki bin Husen Hanafiah (70 tahun) dari kloter 06-BTJ asal Kabupaten Bireuen meninggal dunia di KKHI Mekah pada Rabu, 7 Juni 2023.

Pada Jumat, 9 Juni 2023, Razali bin Ibrahim Pekan (61 tahun) dari kloter 08-BTJ asal Aceh Utara juga meninggal dunia di Mekah.

Tak berhenti di situ, pada Minggu, 18 Juni 2023, Abdullah Ali (66 tahun) dari kloter 11-BTJ yang berasal dari Banda Aceh meninggal dunia di RS King Abdul Aziz, Mekah.

Pada Sabtu, 24 Juni 2023, Abdullah Meglih (82 tahun) dari kloter 03-BTJ asal Aceh Barat juga wafat di Rumah Sakit Heera, Mekah.

Dan yang terakhir, Hamdani bin Muhammad Jafar (55 tahun) dari kloter 04-BTJ asal Lhokseumawe meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekah pada Minggu, 25 Juni 2023.

Dalam kesedihan yang mendalam, kita mendoakan semoga para jamaah haji yang telah meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi cobaan ini.

Semoga ibadah haji mereka diterima dan menjadi penebus dosa-dosa mereka.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya