24 C
id

Lagi, Jemaah Haji Aceh Asal Lhokseumawe Meninggal di Arab Saudi Akibat Pneumonia

Jemaah haji
Ilustrasi (Foto: net)
MADINAH - Seorang jemaah haji bernama Rajunnah Puteh (77) dari Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, yang berada dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-04, telah meninggal dunia di Arab Saudi pada hari Rabu, 5 Juli 2023 sekitar pukul 03.57 WAS.

Dia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit King Salman, Madinah.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengungkapkan bahwa ini adalah kematian ketiga dari jemaah asal Lhokseumawe di Arab Saudi. Berita ini sungguh mengguncangkan hati kita.

Berdasarkan sertifikat kematian (CoD) yang dikeluarkan oleh Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, diduga almarhum Rajunnah Puteh menderita infeksi paru-paru (pneumonia) yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dalam darah (diabetes mellitus).

Azhari menjelaskan bahwa Rajunnah Puteh telah menjalani perawatan di Madinah sejak Minggu, 4 Juni 2023.

Sungguh disayangkan bahwa upaya medis yang dilakukan tidak mampu menyelamatkan nyawanya.

Selain itu, Azhari juga menyampaikan bahwa pihak maktab telah melakukan proses pengurusan jenazah dan fardu kifayah untuk almarhumah.

Jenazahnya sudah dimakamkan di Baqi dengan harapan bahwa segala dosanya diampuni oleh Allah SWT dan ditempatkan di sisi-Nya.

Mari kita panjatkan doa terbaik untuk almarhum Rajunnah Puteh, semoga dia mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya.

Kematian ini menjadi pengingat bagi kita semua akan kerapuhan hidup dan betapa rapuhnya kesehatan saat menjalani ibadah haji.

Kita harus senantiasa menjaga kesehatan dan memperhatikan kondisi tubuh kita, terutama bagi para jemaah yang melakukan perjalanan jauh dan berada di lingkungan yang berbeda.

Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan ibadah haji serta dalam kehidupan sehari-hari kita.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya