24 C
id

Tragedi Laka Maut: Dua Mobil Bus Terjun ke Jurang di Gayo Lues

Laka Maut, Mobil Bus, Jurang, Gayo Lues, Aceh, Kecelakaan, Sumsel-Aceh, GPS, Google Maps, Rem Blong
Tragedi Laka Maut: Dua Mobil Bus Terjun ke Jurang di Gayo Lues (Foto: Tribun Gayo)
Achehnetwork.com, Gayo Lues - Sebuah tragedi memilukan terjadi di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, ketika dua mobil bus mengalami laka maut dan terjun ke dalam jurang dengan kedalaman ratusan meter. Kejadian ini terjadi pada Minggu siang, 30 Juli 2023.


Menurut kesaksian korban selamat, dua bus tersebut berangkat dari Sumatera Selatan (Sumsel) menuju Provinsi Aceh sejak 27 Juli 2023.

Tidak ada penumpang di dalam bus, hanya sopir yang berada di masing-masing kendaraan, dan mereka melaju secara beriringan.


Kedua bus mengalami kerusakan parah setelah terjun ke jurang di kawasan jalan penurunan dan tikungan Bur Nipis, Kecamatan Terangun.

Saat itu, bus yang disopiri oleh Tantok Hariyono (40) dari Jember jatuh ke jurang sedalam 150 meter, dan sayangnya, Tantok Hariyono meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Sementara bus yang disopiri oleh Hermansyah (39) dari Sumatera Selatan jatuh ke jurang sedalam 30 meter dan tersangkut di pohon.


Kedua bus ini baru saja dibeli oleh Perusahaan Pembangkit Listrik dan Tenaga Air (PLTA) Nagan Raya dari Sumsel.

Kedua sopir, Tantok Hariyono dan Hermansyah, bertugas untuk mengantarkan bus tersebut ke wilayah Aceh, terutama ke Kabupaten Nagan Raya.


Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa tragedi ini mungkin terjadi karena kedua sopir mengikuti arah dari Google Maps.

 Mereka belum pernah melewati jalur Medan-Kutacane maupun Gayo Lues sebelumnya, sehingga mereka hanya mengandalkan petunjuk dari GPS.

Kedua bus melaju dengan kecepatan sedang, namun mengalami rem blong saat tiba di jalan penurunan dan tikungan Bur Nipis, yang menyebabkan kecelakaan maut tersebut.


Satu korban jiwa dan satu sopir luka-luka merupakan akibat tragis dari insiden ini.

Kedua sopir diketahui tengah dalam perjalanan menuju RSUD Muhammad Alikasim untuk mendapatkan pertolongan medis.


Pihak berwenang saat ini tengah menyelidiki kronologi pasti dari kecelakaan ini untuk memastikan semua fakta terungkap.

Semoga tragedi ini memberikan pelajaran bagi semua pengemudi untuk selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas dalam setiap perjalanan.(*)

Sumber: Tribun Gayo

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya