24 C
id

Bencana Cuaca Ekstrem di Aceh Selatan: Lima Rumah Rusak Berat, 18 Jiwa Terdampak

cuaca ekstrem, angin kencang, Gampong Arun, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan, rumah rusak, korban terdampak, pengungsi, BPBD Aceh Selatan, Tim Reaksi Cepat, pembersihan, pendataan, kesiapsiagaan, kolaborasi, penanggulangan bencana
Kondisi rumah warga setelah diterjang angin kencang (Foto: BPBD Aceh Selatan)
Achehnetwork.com, Aceh Selatan - Gampong Arun, Kecamatan Meukek, Aceh Selatan, dilanda cuaca ekstrem yang mengakibatkan angin kencang pada Selasa, 1 Agustus 2023.


Akibatnya, lima unit rumah alami mengalami kerusakan berat, menyebabkan 18 jiwa dari lima Kepala Keluarga (KK) terdampak dan terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

Meskipun situasinya mengkhawatirkan, beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Zainal, menjelaskan bahwa peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.42 WIB karena dampak cuaca ekstrem yang melanda wilayah tersebut.

Tanggap dan sigap, BPBD telah mengerahkan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk segera bertindak melakukan pembersihan dan pendataan di lokasi terdampak.


"Pembersihan dan pendataan dilakukan oleh petugas BPBD bekerja sama dengan masyarakat setempat," ungkap Zainal.


Bencana cuaca ekstrem seperti ini menegaskan pentingnya kesiapsiagaan dan kolaborasi antara pihak berwenang, petugas penanggulangan bencana, dan masyarakat setempat.

Langkah-langkah cepat dalam menangani bencana tersebut menjadi upaya untuk meminimalkan kerusakan dan membantu para korban dalam menghadapi situasi yang sulit.

Semoga dengan sinergi yang kuat, wilayah Gampong Arun dan daerah sekitarnya dapat segera pulih dari dampak cuaca ekstrem ini.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya