24 C
id

Mengubah Materi Jualan Politik: Kunci Sukses Partai Aceh (PA) dalam Pemilu 2024

Partai Aceh, DPRA, Pemilu 2024, strategi meningkatkan kursi, materi jualan politik, MoU Helsinki, perubahan strategi kampanye, basis elektoral, peran caleg, Partai Aceh menurun, Refly Harun, pengamat politik, pakar hukum tata negara
Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Indonesia, Refly Harun(Foto: Serambinews.com)
Achehnetwork, Banda Aceh - Salah satu cara Partai Aceh (PA) dapat meningkatkan perolehan kursi di DPRA pada Pemilu 2024 adalah dengan mengubah materi jualan politiknya.


Hal ini diungkapkan oleh Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Indonesia, Refly Harun, saat menjadi pembicara dalam acara bimbingan teknis (bimtek) Partai Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (5/8/2023).

Menurut Refly Harun, PA tidak bisa lagi mengandalkan perjanjian MoU Helsinki dan sejarah sebagai tema jualan mereka. 

Ia menekankan bahwa perubahan sudah harus dilakukan karena tema yang sukses pada Pemilu 2009 tidak akan sama efektifnya pada Pemilu 2024.

Pada awal perdamaian, masyarakat menerima PA sebagai partai yang memperjuangkan masa depan Aceh, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat telah memiliki referensi dan mengetahui track record partai tersebut. 

Oleh karena itu, PA harus lebih aktif dalam memperkenalkan partai mereka kepada masyarakat untuk mempertahankan basis elektoralnya.

Refly Harun juga menyatakan bahwa tugas berat dari sebuah partai adalah memperkenalkan diri ke masyarakat. 

Ketika partai sudah berkuasa, partai harus tetap menjaga basis elektoralnya dan menghindari kehilangan dukungan karena terlalu terpaku pada euforia partai.

 Kelalaian ini dapat menyebabkan penurunan perolehan kursi partai di pemilu berikutnya.

Menurutnya, penting bagi anggota partai, terutama caleg, untuk aktif terlibat dengan masyarakat dan terus berusaha terhubung dengan para pemilih.

Dengan mengakui tantangan dan melakukan perubahan strategi kampanye yang tepat, Partai Aceh dapat meningkatkan identitas partainya dan meraih hasil yang lebih baik pada pemilu mendatang.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya