24 C
id

Penemuan Cadangan Migas Baru di Aceh: Harbour Energy dan Mubadala Energy Akan Lakukan Pengeboran

Cadangan Migas Aceh, Penemuan Migas Baru, Pengeboran Eksplorasi, Harbour Energy, Mubadala Energy, Sumur Layaran-1, Sumur Halwa-1, Sumur Gayo-1, SKK Migas Wilayah Sumbagut
Ilustrasi Penemuan Cadangan Migas Baru di Aceh (Pixabay.com/dbchandler)
Banda Aceh - Berita gembira datang bagi industri perminyakan dan gas di Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh.

Cadangan minyak dan gas (Migas) baru telah ditemukan di wilayah tersebut, dan rencananya akan segera dilakukan pengeboran eksplorasi untuk mengungkap potensi sumber daya tersebut.


Pengeboran ini akan dilakukan oleh dua perusahaan besar yang memiliki pengalaman luas dalam industri Migas.

Harbour Energy dan Mubadala Energy, kedua raksasa tersebut, akan bergabung untuk menggarap proyek pengeboran yang menjanjikan ini.

Pengeboran akan difokuskan pada Sumur Layaran-1, Sumur Halwa-1, dan juga Sumur Gayo-1.


Muhammad Rochaddy, Pimpinan SKK Migas Wilayah Sumbagut, menjelaskan bahwa rencana pengeboran ini bukan hanya sekadar proyek komersial, tetapi juga merupakan bagian dari program nasional dan perintah langsung dari Presiden untuk menemukan sumber-sumber Migas baru demi mendukung keberlanjutan energi nasional.

"Wilayah Kerja South Andaman, tempat pengeboran ini dilakukan, berlokasi sekitar 140 Km di lepas pantai Kabupaten Aceh Utara," tambahnya saat melakukan sosialisasi di aula pendopo Bupati Aceh Utara pada Selasa, 22 Agustus 2023.


Rochaddy menekankan pentingnya dukungan dari semua pihak terkait dalam menjalankan kegiatan eksplorasi ini.

Mulai dari pemerintah daerah, TNI/Polri, hingga tokoh masyarakat dan komunitas nelayan, semua perlu berperan aktif demi kelancaran proyek ini.


Rencana pengeboran ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir September 2023 dan diperkirakan akan berlangsung hingga Maret 2024.

Harbour Energy dan Mubadala Energy akan menggunakan kapal rig West Capella Drilling Ship dalam operasi pengeboran ini.

Peralatan pengeboran sebagian besar akan diangkut dari pelabuhan umum Krueng Geukueh, Aceh Utara.


Dengan adanya penemuan cadangan Migas baru ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pasokan energi nasional serta membawa dampak positif terhadap ekonomi lokal dan nasional.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya