24 C
id

Zulfadhli Ditunjuk Mualem sebagai Wakil Sekjen Partai Aceh, Pengaruh dan Kecermerlangan dalam Politik Aceh

Tgk Abang Samalanga, Politik Aceh, Partai Aceh, Kepemimpinan, Inklusivitas, Pengaruh Politik, Karier Politik, Perjuangan, Pemimpin Masa Depan
Tgk Abang Samalanga atau Zulfadhli (Foto: Serambinews.com)
Achehnetwork.com, Banda Aceh - Mualem, Ketua Umum DPP Partai Aceh (PA), telah menunjuk Zulfadhli, AMd, dengan panggilan akrab Tgk Abang Samalanga, sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) I DPP PA dalam struktur kepemimpinan untuk periode 2023-2028 yang baru.


Pelantikan Tgk Abang Samalanga bersama dengan Mualem dan seluruh pengurus partai dilakukan oleh Tgk Malik Mahmud Al-Haythar, Ketua Majelis Tuha Peuet, di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh pada malam Sabtu (5/8/2023).

Tgk Abang Samalanga dipandang sebagai individu yang sesuai untuk mengemban tugas tersebut. 

Berkat berbagai pengalaman dan keterampilan yang dimilikinya, ia diharapkan akan memberikan nuansa baru dalam mengembangkan partai.

Zulfadhli, yang merupakan alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe, telah dikenal sebagai politisi yang ramah dan memiliki kedekatan dengan berbagai pihak dari latar belakang yang beragam.


Setelah masa konflik di Aceh berakhir dengan perdamaian pada tahun 2005, Tgk Abang Samalanga beralih dari jalur perjuangan bersenjata ke panggung politik.

Dua kali pernah menjadi anggota DPRA dari dapil Kabupaten Bireuen, ia membuktikan kualitasnya sebagai politisi yang produktif dan berdedikasi.

Pemikiran dan perjuangan politiknya telah memberikan dampak positif dalam program pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat.

Kehadirannya dalam pemerintahan diakui secara luas oleh masyarakat Bireuen, dan partai memberikan dukungan penuh kepada Zulfadhli.

Gaya politik Tgk Abang Samalanga yang inklusif telah membawanya kembali ke DPRA untuk periode kedua melalui Pemilu 2019.

Selama bertugas di DPRA, ia memegang posisi penting dalam komite anggaran dan musyawarah masyarakat (Banggar dan Banmus). Saat ini, ia menjadi Ketua Komisi IV DPRA.

Ketika Pilkada 2024 semakin mendekat, nama Zulfadhli mulai muncul sebagai calon potensial untuk Bupati Bireuen. Namun, ia belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini.

Tgk Abang Samalanga juga dikenal karena pendekatan politiknya yang inklusif.

Ia mampu menjalin hubungan baik dengan lawan politik dan tidak ragu untuk menentang hal yang salah.

Ini tercermin dalam pandangan Ketua Fraksi PPP DPRA, H Ihsanuddin MZ, yang menggambarkan Tgk Abang Samalanga sebagai sosok yang elegan, bersahabat dengan semua unsur partai dan lintas sektoral, serta memiliki sikap kritis.


Pendapat serupa diungkapkan oleh Ketua Fraksi Demokrat, Nurdiansyah Alasta, yang menganggap Zulfadhli sebagai figur yang fenomenal karena kritis dan berani, namun tetap menyenangkan dan terbuka dalam diskusi.


Ketua Fraksi Gerindra, Abdurrahman Ahmad, dan Ketua Fraksi PAN, Fuadri, juga memberikan penilaian yang positif terhadap Tgk Abang Samalanga.

Mereka menekankan bahwa ia memiliki pengaruh dan memberikan warna di DPRA, serta selalu konsisten dalam mengikuti aturan dan membela kepentingan bersama.


Ketua Fraksi Golkar, Ali Basrah, Ketua Fraksi PKS, Zainal Abidin, Ketua Fraksi PKB/PDA, Azhar Mj Roment, dan Ketua Fraksi PNA, Safrizal Gam-gam, juga memiliki pandangan serupa terhadap Tgk Abang Samalanga, menggambarkannya sebagai individu yang fokus pada pekerjaan dan memiliki kesetiaan yang tinggi.


Dengan latar belakang politik yang luar biasa dan kepribadian yang inklusif, Tgk Abang Samalanga secara konsisten membuktikan dirinya sebagai tokoh yang penting dan berpengaruh dalam dunia politik Aceh.(*)

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di GOOGLE NEWS

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya