24 C
id

Haji Uma Minta Masyarakat Aceh Laporkan Keluarga di Libya yang Hilang Akibat Banjir

Haji Uma, Masyarakat Aceh, Libya, Banjir, KBRI Tripoli, Warga Negara Indonesia (WNI), Bantuan Kemanusiaan, Koordinasi Bantuan
Anggota Dewan Perwakilan Daerah, H. Sudirman (Foto: Staf Haji Uma/AJNN)

News, Acheh Network - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Sudirman yang juga dikenal sebagai Haji Uma, mengajak masyarakat Aceh untuk segera melaporkan jika mereka kehilangan kontak dengan anggota keluarga yang berada di Libya.


Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu negara tersebut mengalami bencana banjir yang mengakibatkan ribuan korban tewas.


Haji Uma mengingatkan masyarakat Aceh untuk segera menghubungi hotline 24 jam yang telah dibuka oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tripoli dengan nomor +218 94 481 5608. 

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi adanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang mungkin tidak terdaftar di KBRI Tripoli.


Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), saat ini sekitar 300 WNI yang terdaftar di KBRI Tripoli telah dinyatakan selamat dari bencana banjir yang melanda Libya pada Senin, 11 September 2023.


Haji Uma juga memohon kepada pemerintah Indonesia agar segera mengirimkan bantuan ke Libya. 

Pemerintah setempat telah mengajukan permintaan bantuan internasional, dan Haji Uma berharap agar bantuan tersebut dapat segera disalurkan untuk membantu pemerintah Libya dalam mengatasi kondisi darurat pasca bencana.


Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang dalam proses koordinasi untuk menentukan bentuk bantuan yang akan dikirim ke Libya.

Haji Uma mendesak agar bantuan ini dapat segera diberikan untuk mendukung upaya penanganan darurat di Libya setelah bencana ini terjadi.


Sebelumnya, dilaporkan bahwa hujan lebat di Libya menyebabkan dua bendungan jebol di Kota Derna, yang mengakibatkan lebih dari 5.000 orang tewas dan setidaknya 10 ribu orang dilaporkan hilang. 

Sekitar 20 ribu korban selamat saat ini telah mengungsi.


Pemerintah Libya telah meminta bantuan internasional, dan sejumlah negara telah menyatakan komitmennya untuk mengirimkan bantuan.


Pemerintah Indonesia juga sedang melakukan koordinasi dan identifikasi untuk bentuk bantuan yang akan dikirim ke Libya dalam upaya membantu negara tersebut mengatasi dampak bencana ini.(*)

Sumber: AJNN

Dapatkan update berita dan artikel menarik lainnya dari Acheh Network di Google News

Ikuti kami di Fb Acheh Network Media

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya