24 C
id

Banjir dan Longsor Ancam SDN Alur Rinci: Pemerintah Aceh Singkil Belum Lakukan Perbaikan

Longsor Aceh Singkil
Banjir dan Longsor Ancam SDN Alur Rinci (Foto: Dok. BPBD Aceh Singkil)


Aceh Singkil, AchehNetwork.com - Desa Alur Rinci, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil, bergelut dengan ancaman serius akibat longsor dan banjir yang melanda Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Alur Rinci pada Minggu (17/12).

Kondisi genting ini mempertaruhkan keselamatan siswa yang tengah menimba ilmu di sekolah tersebut, sementara Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil belum memberikan respon atau perbaikan hingga hari ini.


Petugas Pusat Data Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Rosiana Kusuma Wardani, mengungkapkan kekhawatiran tersebut pada Senin (18/12).

Menurutnya, situasi darurat ini terkait dengan dampak banjir yang juga melibatkan enam kecamatan di Aceh Singkil, termasuk Kuta Baharu, Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara, dan Singkil.


Hujan deras yang mengguyur kawasan serta air kiriman dari wilayah hulu di beberapa kabupaten/kota tetangga Aceh Singkil menjadi pemicu banjir ini.

Dampaknya tak hanya dirasakan oleh rumah penduduk, melainkan juga mencakup jalan nasional, jalan penghubung antardesa, serta fasilitas umum seperti sekolah dasar, taman kanak-kanak, masjid, pesantren, dan perkantoran.


Rosiana juga melaporkan bahwa banjir telah memutus jalan di dua titik antara Singkil dan Kecamatan Kuala Baru.

Selain itu, pagar pesantren Babussalam Batu Korong di Desa Lipat Kajang Bawah, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, rusak parah akibat banjir. Sebanyak 55 santri di pesantren tersebut terdampak karena buku, lemari, dan pakaian mereka terbawa arus banjir.


Dengan situasi semakin kritis, masyarakat dan pihak berwenang diharapkan segera bersatu untuk memberikan bantuan dan solusi guna mengatasi dampak buruk dari bencana alam ini.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll