24 C
id

Peringati Hari Lahir GAM ke-47: Bendera Bulan Bintang Berkibar di Cot Kruet, Bireuen

Milad GAM 4 Desember
Hari Lahir GAM ke-47: Bendera Bulan Bintang Berkibar di Cot Kruet, Bireuen/IST


Bireuen, AchehNetwork.com - Momentum bersejarah peringatan Hari Kelahiran Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang ke-47 diberikan nuansa istimewa dengan pengibaran bendera Bulan Bintang.

Acara berlangsung di Lapangan Bola Kaki Cot Kruet, Desa Cot Kruet, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen pada Senin, 4 Desember 2023, dari pukul 08.00 hingga 09.00 pagi.

Bendera Bulan Bintang berkibar gagah di tiang yang didirikan di Kantor PA wilayah Sagoe Cot Kuta dan Sagoe Kuta Sabi. 

Tempat tersebut berdekatan dengan lokasi peringatan Milad GAM yang meriah tersebut.

Upacara kenaikan bendera disertai dengan azan dan diakhiri dengan pembacaan Hikayat Prang Sabi yang dilakukan oleh mantan Anggota GAM wilayah Sagoe Cot Kuta dan Sagoe Kuta Sabi.

Zulkarnaini, akrab disapa Zoel Sopan, Anggota DPRK Bireuen, menyampaikan sambutan dan maklumat Wali Nanggroe dalam rangka memperingati Milad GAM. 

Dalam kesempatan tersebut, Zoel Sopan menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Aceh.

Selain itu, dilaksanakan juga untuk mempererat hubungan silaturahmi antar sesama, mengingat hari bersejarah seperti ini hanya terjadi sekali dalam setahun.

Menyinggung tentang pengibaran bendera Bulan Bintang, Zoel Sopan menegaskan bahwa hal tersebut merupakan hak eks kombatan GAM.

Ia menambahkan bahwa dirinya hanya bertanggung jawab atas acara kenduri rakyat dan doa bersama, termasuk kegiatan sosial seperti memberikan santunan kepada anak yatim.

Zoel Sopan juga memohon doa dan dukungan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk tokoh agama, adat, dan cendikiawan, serta eks pasukan GAM di daerah 4 Wilayah Batee Iliek.

Ia mengumumkan pencalonannya sebagai Calon Anggota DPRK Bireuen Dapil III pada Pemilihan tahun 2024 melalui Partai Aceh (PA) dengan Nomor Urut Satu.

"Sejak menjabat sebagai Anggota DPRK Bireuen, saya telah berusaha mendengar dan mewujudkan aspirasi masyarakat di dapil saya. Ini terlihat dari pemugaran makam syuhada di tiga kecamatan, yaitu Makmur, Gandapura, dan Kutablang, dengan total 30 makam syuhada yang telah dipugar," ungkap Zoel Sopan.

Acara peringatan Milad GAM ke-47 ini berlangsung sukses tanpa kendala dan dihadiri oleh ribuan masyarakat Kecamatan Makmur.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll