24 C
id

Proyek Tanggul Penahan Tanah Rampung, Warga di Kampung Jamur Ujung, Bener Meriah Terhindar dari Ancaman Abrasi Sungai

Bener Meriah
Proyek Tanggul Penahan Tanah Rampung (Dok. AJNN)


Bener Meriah, AchehNetwork.com - Proyek Tanggul Penahan Tanah (TPT) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, khususnya di Kampung Jamur Ujung, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah, telah berhasil diselesaikan.

Tanggul ini mampu menyelamatkan puluhan rumah warga dari ancaman abrasi sungai. Pada tahun 2021, sebanyak 21 rumah warga di kawasan tersebut menghadapi risiko amblas akibat abrasi, di mana enam di antaranya bagian belakang dapurnya sudah terkikis oleh aliran sungai, bahkan pondasi rumah sudah tergantung.

Kini, warga setempat dapat bernafas lega karena TPT sepanjang 500 meter telah berhasil dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) sekitar Rp 8 miliar.


Dilansir dari AJNN, Yulipa (47), salah seorang warga yang menjadi korban abrasi sungai DAS Peusangan, mengungkapkan bahwa pada masa tersebut, ia harus berserah diri ketika dapur dan kamar mandinya disapu longsor akibat meluapnya air sungai.


"Alhamdulillah, saat ini belakang rumah saya sudah aman, terima kasih atas pembangunan TPT dan bronjong," ungkap Yulia seperti yang dikutip dari AJNN pada Sabtu, 16 Desember 2023.


Kepala Kampung Jamur Ujung, Irfan (61), juga menyampaikan rasa terima kasih kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Hendra Budian, yang memberikan Pokok Pikiran (Pokir) untuk pembangunan TPT tersebut.

"Harapan saya adalah semoga masih ada kelanjutan pembangunan perkuatan tebing sungai ke depannya. Karena masih ada beberapa titik lokasi pemukiman dan kebun masyarakat lainnya yang masih terjal dan memerlukan perhatian pembangunan," ujar Irfan.(*)


Sumber: AJNN

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll