24 C
id

Banjir Melanda Enam Desa di Aceh Besar, BPBD Tetap Waspada

Banjir di Aceh Besar
Banjir di Lembah Seulawah Aceh Besar/ Foto via serambinews.com


Aceh Besar, AchehNetwork.com - Akibat hujan deras yang terus mengguyur sejak Jumat (26/1/2024) sore, enam desa di Kecamatan Lembah Seulawah dan Seulimeum, Aceh Besar, terendam banjir luapan sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, mengonfirmasi bahwa desa yang terkena dampak tersebut adalah Lon Hasan, Lam Kubu, Peukan Seulimeum, Jawie, Lam Jruen, dan Desa Bugha.

Ridwan Jamil menjelaskan bahwa cuaca ekstrem dan tingginya curah hujan menyebabkan banjir luapan sungai Panca. 

"Banjir tersebut tak terlepas dari tingginya intensitas curah hujan, sehingga terjadi luapan air sungai Krueng Panca," ujar Ridwan saat diwawancara pada Sabtu (27/1/2024).

Selain desa-desa yang terendam banjir, jalan lintas nasional Banda Aceh Medan di Gampong Lon Hasan juga tergenang air, begitu pula jalan penghubung antara Gampong Lam Kubu dan Gampong Panca. 

Beberapa desa di Kecamatan Seulimum juga mengalami genangan air banjir.

Meskipun beberapa lokasi yang tergenang air banjir sudah mulai surut seiring perbaikan cuaca, BPBD Aceh Besar tetap waspada.

"Kami terus melakukan pemantauan di beberapa lokasi rawan banjir," tambah Ridwan.

Selama ini, debit air di beberapa lokasi yang terkena dampak banjir juga sudah mulai surut. Jalanan yang tergenang air kini sudah bisa dilalui kembali oleh kendaraan.

Meski begitu, BPBD Aceh Besar tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan siap menghadapi situasi darurat jika diperlukan.

Peristiwa ini menjadi perhatian serius, dan pihak berwenang bersama-sama dengan warga terdampak terus berkoordinasi untuk mengurangi dampak buruk akibat bencana alam ini.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll