24 C
id

Kandang Ayam di Gampong Lam Aling, Aceh Besar Hangus Terbakar, 6.000 Anak Ayam Hangus Terpanggang

kebakaran aceh besar
Kandang Ayam di Gampong Lam Aling, Aceh Besar Hangus Terbakar, 6.000 Anak Ayam Hangus Terpanggang/Foto: BPBD Aceh Besar via HabaAceh.id



Aceh Besar, AchehNetwork.com - Peternakan ayam milik Ricky Wahyudi di Gampong Lam Aling, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, menjadi saksi bisu kebakaran hebat pada Sabtu (20/1).

Kandang ayam berukuran 130 m x 8m, dengan konstruksi permanen, ludes terbakar dalam waktu singkat, meninggalkan pemandangan menyedihkan dan kerugian besar.


Dilansir dari HabaAceh.id, Menurut Kalaksa BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil, kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa, namun menyebabkan kehancuran total pada peternakan tersebut.

Sebanyak 6.000 anak ayam ikut menjadi korban dalam kobaran api yang melahap habis kandang ayam tersebut.


"Kandang ayam 130 m x 8m, konstruksi permanen mengalami rusak berat. Sekitar 6.000 anak ayam mati semua," ungkap Ridwan.


Preliminary investigation menunjukkan bahwa api diduga berasal dari arus pendek listrik atau kebocoran tabung gas.

Ridwan mengungkapkan bahwa informasi kebakaran pertama kali dilaporkan oleh salah seorang anggota Polsek Cot Glie.

Dengan cepat, petugas pemadam kebakaran bergerak ke lokasi kejadian dengan mengerahkan lima unit armada.


"Saat petugas tiba di lokasi, api sudah membesar dan menghanguskan seluruh bangunan yang berkonstruksi permanen. Petugas langsung melakukan blokade api dan upaya pendinginan.

Pada pukul 10.45 WIB, api berhasil dipadamkan," tambahnya.


Meskipun kerugian materiil sangat besar, keberhasilan petugas dalam memadamkan api tanpa menelan korban jiwa merupakan kabar baik.

Kini, pihak berwenang akan terus melakukan penyelidikan mendalam untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut, guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll