24 C
id

KMP Aceh Hebat 2 Berhenti Berlayar untuk Sementara Waktu...

KMP Aceh Hebat
KMP Aceh Hebat 2 Berhenti Berlayar untuk Sementara Waktu/Foto: Dok. AJNN


Banda Aceh, AchehNetwork.com - Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Muhammad Rikhwan Siregal, mengumumkan bahwa Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 2 yang melayani rute Banda Aceh-Sabang akan menghentikan operasionalnya selama sekitar satu bulan.

Penyebabnya adalah proses docking atau perbaikan rutin yang tengah dilakukan di Nias. Pernyataan ini disampaikan Rikhwan seprti yang dikutip dari AJNN.

"Dalam waktu dekat ini, KMP Aceh Hebat 2 akan menjalani proses docking tahunan," ungkap Rikhwan.

Menurut penjelasannya, kegiatan docking adalah bentuk perbaikan dan servis rutin yang dilakukan pada kapal, yang wajib dilakukan setiap tahun.

Proses docking KMP Aceh Hebat 2 telah dimulai sejak 7 Januari 2024 dan diperkirakan akan memakan waktu selama satu bulan.

"Kami memperkirakan bahwa proses docking ini akan berlangsung selama satu bulan," tambahnya.

Dalam periode ini, aktivitas penyeberangan antara Pelabuhan Ulee Lheue dan Pelabuhan Balohan akan dialihkan menggunakan KMP BRR, dengan pelayanan dua trip per hari.

Rikhwan menegaskan bahwa proses docking sangat penting untuk menjaga kesehatan dan perawatan mesin kapal.

"Dengan jumlah penumpang yang tidak terlalu banyak saat ini, pelayanan penyeberangan dapat tercover oleh kapal KMP BRR yang tersedia," jelas Rikhwan.

Penghentian sementara operasional KMP Aceh Hebat 2 diharapkan tidak memberikan dampak signifikan terhadap pelayanan penyeberangan, dan proses docking yang dilakukan menjadi investasi untuk memastikan kehandalan kapal dalam melayani rute tersebut.(*)

Sumber: AJNN

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll