24 C
id

BNN Musnahkan Ladang Ganja Terbesar di Aceh Utara: Operasi Gabungan BNN, TNI, dan Polri

Ganja Aceh
Tim gabungan membakar ganja seberat 10 ton/Foto: BNN


Aceh Utara, AchehNetwork.com - Dalam aksi terkoordinasi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia, dibantu oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), berhasil menghancurkan ladang ganja seluas dua hektar di Desa Teupin Reusep, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, pada Senin, 23 Januari 2024.

Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar seluruh tanaman ganja di lokasi tersebut.

Dalam keterangan resminya, Marthinus Hukom, Kepala BNN Indonesia, mengungkapkan bahwa ladang ganja tersebut tersebar di tiga titik berbeda.

"Ini merupakan hasil kerjasama berdasarkan pemantauan BNN, Polres Aceh Utara, Polda Aceh, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Badan Informasi Geospasial (BIG)," katanya.

Jumlah total batang ganja yang dimusnahkan mencapai angka fantastis, sebanyak 22.864 pohon dengan berat mencapai 10 ton.

Tinggi batang ganja bervariasi antara 60 hingga 200 sentimeter, dengan jarak tanam berkisar antara 50 hingga 100 sentimeter.

Selain itu, di lokasi tersebut juga ditemukan bibit ganja siap tanam.

"Kami terus mendeteksi keberadaan kebun ganja dan melakukan pemusnahan," ungkap Hukom.

Dia memberikan apresiasi terhadap informasi dan dukungan dari masyarakat dalam upaya pemberantasan kejahatan narkoba di Aceh.

Kolaborasi ini memudahkan BNN untuk melakukan pengungkapan dan pemusnahan kebun ganja dengan lebih efisien.

Perlu diketahui bahwa ladang ganja secara konsisten ditemukan di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara selama lima tahun terakhir.

Berulang kali aparat keamanan melakukan operasi membakar ladang ganja di daerah terpencil Aceh Utara.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll