24 C
id

7 Fakta Unik Negara Singapura yang Harus Kamu Ketahui, di Balik Negara Kecil yang Luar Biasa

Fakta Negara Singapura
Ilustrasi/


AchehNetwork.com - Singapura, sebuah negara kota yang kecil namun penuh warna, telah menakjubkan dunia dengan prestasinya yang luar biasa.

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar kota metropolitan, negara ini memiliki kekayaan budaya, sejarah, dan prestasi ekonomi yang mengesankan.

Namun, di balik gemerlapnya kilauan modernitasnya, terdapat fakta-fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Mari kita telusuri beberapa di antaranya:


1. Negara Tanpa Permen Karet


Singapura adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki larangan produksi dan penjualan permen karet yang mengandung zat karet sintetis atau alami yang dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut atau diare.

Hal ini memastikan bahwa trotoar kota tetap bersih dari permen karet yang terinjak-injak.


2. Garden City yang Hijau


Meskipun dikenal sebagai pusat kota yang padat, Singapura mempertahankan komitmen serius terhadap keberlanjutan dan hijau.

Lebih dari 50% dari luas Singapura ditetapkan sebagai kawasan hijau dan ruang terbuka, menjadikannya salah satu kota paling hijau di dunia.

Taman-taman seperti Gardens by the Bay dan Bukit Timah Nature Reserve memberikan pengalaman alam yang mempesona bagi penduduk setempat dan pengunjung.


3. Makanan sebagai Warisan Budaya


Singapura adalah surga bagi para pecinta makanan.

Terdapat lebih dari 100 warung makan, restoran, dan kios makanan di seluruh negara ini yang telah dianugerahi Bintang Michelin.

Namun yang paling menarik adalah hawker centers-nya, yang merupakan pasar makanan yang menjual hidangan-hidangan lokal dengan harga terjangkau. 

Hawker centers bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda.


4. Airport Terbaik di Dunia


Bandara Changi Singapura secara konsisten dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia oleh berbagai survei dan penilaian.

Tak hanya sebagai tempat transit yang nyaman, Bandara Changi menawarkan fasilitas-fasilitas luar biasa seperti taman bunga, bioskop, dan kolam renang rooftop, menjadikan pengalaman transit Anda menjadi lebih menyenangkan.


5. Kebun Raya Tropis di Atap Gedung


Singapura memperkenalkan konsep inovatif dengan mendirikan kebun raya tropis di atap gedung pencakar langitnya. 

Dikenal sebagai SkyPark, taman-taman ini memberikan oksigen segar dan keindahan alam di tengah-tengah kota yang padat.


6. Hukum yang Tegas


Meskipun ukurannya kecil, Singapura dikenal dengan hukum yang sangat ketat. 

Denda besar diberlakukan untuk pelanggaran seperti merokok di tempat-tempat umum atau mengunyah permen karet di MRT (Mass Rapid Transit), dan bahkan pembelian atau konsumsi narkoba dapat dihukum dengan hukuman mati.


7. Multikulturalisme yang Harmonis


Singapura adalah rumah bagi beragam etnis, agama, dan budaya.

Meskipun ukuran kecilnya, negara ini memelihara keragaman dengan menghargai dan merayakan festival-festival dari berbagai komunitas, seperti Hari Raya, Deepavali, dan Natal.


Dengan segala keunikan ini, Singapura terus mempesona dan menginspirasi dunia dengan pencapaiannya yang luar biasa dalam berbagai bidang.

Dari keindahan alamnya hingga inovasi teknologinya, Singapura membuktikan bahwa ukuran bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan dan menunjukkan bahwa keajaiban bisa hadir dalam bentuk yang paling tidak terduga.(*)/
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA