24 C
id

7 Mega Proyek Terbesar Sepanjang Sejarah: Inovasi dan Investasi Luar Biasa

Mega Proyek Terbesar
Ilustrasi Mega Proyek Terbesar/


AchehNetwork.com - Dalam sejarah pembangunan dunia, terdapat serangkaian mega proyek yang menggabungkan visi, inovasi, dan investasi luar biasa.

Proyek-proyek ini tidak hanya menghabiskan dana dalam jumlah fantastis, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam perkembangan infrastruktur dan teknologi global.

Negara-negara di seluruh dunia telah bersaing untuk menciptakan proyek infrastruktur besar atau megaproyek yang tidak hanya mengubah wajah bumi, tetapi juga menciptakan dampak ekonomi yang signifikan.

Biaya yang terlibat dalam pembangunan proyek-proyek ini tidak main-main, dengan beberapa di antaranya mencapai triliunan dolar.

Berikut adalah tujuh mega proyek terbesar dalam sejarah dunia yang mencerminkan kemegahan dan ambisi manusia:


1. TEN-T Core Transportation Network


Pembangunan Jaringan Transportasi Trans-Eropa, dikenal sebagai TEN-T Core Transportation Network, adalah salah satu proyek terbesar yang pernah dilakukan. 

Diperkirakan biaya proyek ini mencapai 600 miliar dolar AS atau sekitar Rp8.969,7 triliun.

Jaringan ini meliputi infrastruktur transportasi utama seperti jaringan kereta api, jalur pelayaran, pelabuhan, bandara, dan stasiun kereta api di seluruh Eropa. 

Dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak lingkungan dari transportasi, proyek ini dijadwalkan selesai pada tahun 2050.


2. Neom City


Arab Saudi menggarap proyek Neom City dengan biaya konstruksi mencapai 500 miliar dolar AS.

Neom City dirancang sebagai kota pintar tanpa polusi yang mengandalkan energi terbarukan.

Meskipun tahap pertama pembangunannya telah dimulai, khususnya dengan proyek The Line, proyek ini menghadapi kendala signifikan terkait pengusiran masyarakat lokal di sekitar lokasi proyek.


3. Gulf Railway


Megaproyek Gulf Railway bertujuan untuk menghubungkan enam negara Teluk yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC).

Dengan panjang jaringan rel mencapai 2.177 kilometer, proyek ini dihentikan karena masalah keuangan meskipun perkiraan biayanya mencapai 250 miliar dolar AS.


4. Bandara Beijing, China


China juga menjadi tuan rumah untuk mega proyek lainnya, yaitu pembangunan Bandara Beijing.

Dengan biaya pembangunan yang diperkirakan melebihi bandara internasional Al Maktoum, Bandara Beijing direncanakan untuk memiliki luas dan kapasitas yang lebih besar.

Tahap pertama pembangunannya telah selesai pada tahun 2008, dengan tahap pengembangan selanjutnya dijadwalkan rampung pada tahun 2025.


5. Proyek Shinkansen, Jepang


Jepang dikenal dengan sistem transportasi kereta api yang canggih dan aman.

Salah satu megaproyek terbarunya adalah pengembangan kereta peluru Maglev, yang dikenal dengan nama Shinkansen.

Proyek ini, dengan biaya sekitar 90 miliar dolar AS, bertujuan untuk meningkatkan kecepatan kereta hingga mencapai 603 km/jam dengan teknologi tinggi yang meminimalisir gesekan.


6. Jalur Sutra Baru, China


China juga menggarap Jalur Sutra Baru untuk mendefinisikan kembali rute perdagangan dengan negara lain.

Proyek ini dianggap sebagai pembangunan infrastruktur jalur darat terbesar yang pernah dilakukan oleh pemerintah China, dengan perkiraan biaya mencapai 900 miliar dolar AS.


7. Mega Proyek ITER, Prancis


International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) merupakan mega proyek yang melibatkan 35 negara dan saat ini sedang dikembangkan di Prancis.

Proyek ini bertujuan untuk memajukan teknologi produksi energi dengan memanfaatkan reaksi fusi nuklir, yang dapat mengatasi krisis energi global. 

Hingga saat ini, proyek ini telah menghabiskan biaya hingga 20 miliar dolar AS.

Mega proyek-proyek ini tidak hanya mewakili pencapaian teknologi dan infrastruktur terbesar dalam sejarah, tetapi juga menunjukkan komitmen global untuk menciptakan perubahan yang berdampak luas bagi dunia kita.

Dengan investasi yang besar dan inovasi yang terus berkembang, proyek-proyek ini akan terus memengaruhi cara kita hidup dan berinteraksi di masa depan.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan

REKOMENDASI UNTUK ANDA