24 C
id

Dinsos Aceh Membahas Pengusulan Sultan Alaidin Mumahmmad Daud Syah dan Tgk. Chik Pante Geulima Sebagai Pahlawan Nasional

Pahlawan Nasional
Dinsos Aceh Membahas Pengusulan Sultan Alaidin Mumahmmad Daud Syah dan Tgk. Chik Pante Geulima Sebagai Pahlawan Nasional/Foto via HabaAceh.id

AchehNetwork.com - Dinas Sosial (Dinsos) Aceh telah memulai pembahasan serius terkait langkah-langkah untuk mengusulkan dua tokoh pahlawan Aceh, yakni Sultan Alaidin Mumahmmad Daud Syah dan Tgk. Chik Pante Geulima, sebagai Pahlawan Nasional, bersama dengan para ahli waris dari keluarga-keluarga pahlawan tersebut.


Pertemuan penting ini dihadiri oleh beberapa anggota keluarga, termasuk Tengku Muntazar dan Tuanku Abdul Kadir dari keluarga Sultan Alaidin Mahmudsyah, serta Salman dan Munir yang mewakili ahli waris cucu Tengku Chik Pante GeUlima. Acara ini berlangsung pada hari Selasa, tanggal 27 Februari.


Muslem, salah satu pejabat Dinas Sosial Aceh, menyatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi proses pengusulan ini melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), yang terdiri dari berbagai unsur, seperti praktisi, akademisi, pakar, sejarawan, dan instansi terkait.


"Setelah dokumen dan syarat-syaratnya lengkap, nantinya dari tim TP2GD kita akan mengusulkan pahlawannya. Saya sangat fokus terhadap usulan ini karena ini berkaitan dengan kehormatan dan martabat bangsa Aceh," ujarnya.


Dia menekankan bahwa pengusulan ini juga merupakan bentuk perhatian dari pemerintah Aceh terhadap keluarga dan ahli waris para pahlawan, serta merupakan penghormatan atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.


"Tidak hanya sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang telah berkorban jiwa dan raganya untuk masa depan bangsa dan rakyat, tetapi juga sebagai bentuk terima kasih kita atas perjuangan mereka yang telah menjadi landasan bagi kemajuan yang kita nikmati saat ini," tegasnya.


Sementara itu, Tengku Muntazar menyampaikan tujuan kehadirannya dalam rangka mengusulkan Sultan Alaidin Mumahmmad Daud Syah sebagai salah satu Pahlawan Nasional.

Dia menambahkan bahwa peran Sultan Alaidin dalam sejarah republik ini sangatlah besar, terutama dalam menyokong perjuangan kemerdekaan dari penjajah.


"Namun, disayangkan hingga saat ini, pengakuan atas jasa-jasa beliau belum diberikan oleh Pemerintah. Oleh karena itu, kami hadir di sini untuk menyuarakan bahwa beliau layak dan patut diakui sebagai salah satu Pahlawan Nasional," paparnya.


Pendapat serupa juga disampaikan oleh Salman, yang menekankan kontribusi besar Tgk. Chik Pante Geulima dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan membimbing umat melalui perjuangannya sebagai tokoh agama dan panglima perang.


"Atas kontribusinya yang luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pembinaan umat, kami yakin bahwa Tgk. Chik layak diusulkan sebagai tokoh pahlawan nasional. Kami berharap dapat menyiapkan dokumen dan syarat-syarat pengusulannya dengan baik," tambah Salman.(*)


Sumber: HabaAceh.id

Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA