24 C
id

Derinkuyu, Kota Bawah Tanah yang Mengagumkan di Cappadocia, Turki

Kota Bawah Tanah
Derinkuyu, Kota Bawah Tanah/Foto via Dunia Aneh


AchehNetwork.com - Derinkuyu, sebuah marvel arsitektur bawah tanah, terungkap secara kebetulan oleh seorang penduduk lokal pada tahun 1963 ketika ia sedang mencari ayam yang hilang di halaman belakang rumahnya.

Saat ia sedang merenovasi rumahnya, kebetulan dia menemukan sebuah lorong gelap yang memimpin ke jaringan terowongan yang luas, yang kemudian diidentifikasi sebagai kota bawah tanah Derinkuyu.

Kota ini memukau dengan memiliki 18 tingkat terowongan yang meluas hingga 445 kilometer persegi dan diyakini mampu menampung hingga 20.000 orang bersama dengan hewan ternak dan persediaan makanan mereka.

Lebih dari sekadar tempat tinggal, Derinkuyu berfungsi sebagai kompleks multi-fungsional dengan ruang penyimpanan makanan kering, kandang ternak, fasilitas pendidikan, pabrik anggur, dan bahkan sebuah kapel yang menunjukkan kehidupan yang terorganisir dengan baik di dalamnya.

Terdapat beberapa teori mengenai siapa yang sebenarnya membangun Derinkuyu. 

Sebagian ahli menduga bahwa tingkat pertama mungkin dibangun oleh Bangsa Hittit sebagai gudang, sementara penelitian lain mengindikasikan bahwa pembangunan dimulai oleh Bangsa Frigia pada abad ke-7 atau ke-8 SM.

Kota Bawah Tanah
Peta lorong kota bawah tanah/net

Selama periode Bizantium, kota ini diperluas dan dimodifikasi sebagai benteng pertahanan terhadap serangan dari Muslim Arab selama konflik Bizantium-Arab.

Pada tahun 1985, Derinkuyu diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan sejak saat itu menjadi destinasi pariwisata yang menarik.

Pengunjung sekarang memiliki kesempatan untuk menjelajahi sebagian dari keajaiban kota bawah tanah ini, menggali cerita masa lalu yang kaya dan mendalam yang tersembunyi di bawah permukaan Cappadocia.(*)
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA