24 C
id

Ditlantas Polda Aceh Gelar Operasi Keselamatan Seulawah 2024 Seluruh Aceh, Catat Tanggalnya, Sediakan Suratnya..!

Razia Seulawah
Ilustrasi/ Foto: hukumonline


Banda Aceh, AchehNetwork.com - Ditlantas Polda Aceh bersiap untuk meluncurkan Operasi Keselamatan Seulawah 2024 yang akan berlangsung serentak di seluruh Tanah Rencong mulai tanggal 4 hingga 17 Maret mendatang. 

Operasi ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas di provinsi ini.

Kombes Muhammad Iqbal Alqudusy, Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, menyampaikan bahwa kasus kecelakaan di Aceh pada tahun 2022 mencapai 3.213 kasus dengan 666 korban meninggal dunia.

Angka tersebut mengalami peningkatan pada tahun 2023 dengan jumlah kasus mencapai 3.267, namun jumlah korban tewas mengalami penurunan menjadi 626 orang.

"Dari data tersebut, terlihat bahwa situasi keselamatan berlalu lintas di Aceh masih memprihatinkan. Oleh karena itu, kami akan menggelar Operasi Keselamatan Seulawah 2024 dengan fokus pada upaya edukasi dan teguran bagi pelanggar," ujar Kombes Iqbal yang dikutip dari detikSumut pada Kamis (29/2/2024).

Dalam operasi ini, polisi akan melakukan deteksi dini, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi dan titik rawan pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan. 

Penindakan terhadap pelanggaran akan dilakukan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) baik yang bersifat statis maupun mobile.

"Operasi ini bersifat preventif dan edukatif. Kami akan memberikan imbauan dan teguran kepada pelanggar secara masif. Kami juga mendorong anggota yang bertugas untuk berperilaku positif guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian," tambahnya.

Menurut mantan Kabid Humas Polda Jawa Tengah tersebut, operasi keselamatan ini juga akan melibatkan partisipasi masyarakat.

Polisi akan memberikan edukasi secara masif kepada pengguna jalan agar mereka mematuhi aturan lalu lintas.

"Walaupun terjadi pelanggaran, kami akan tetap mengedepankan teguran edukatif. Penegakan hukum akan dilakukan melalui ETLE sebagai langkah penindakan yang diutamakan," papar Iqbal.

Dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Seulawah 2024, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat Aceh terhadap aturan lalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya.(*)

Sumber: DatikSumut
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA