24 C
id

Nisfu Syaban 2024: Jadwal Malam dan Amalan yang Dianjurkan, Berikut Doanya..

Malam Nisfu Syaban
Ilustrasi/net


AchehNetwork.com - Bulan Syaban, sebagai bulan yang mulia, menjadi persiapan yang penting menjelang bulan Ramadan.

Salah satu momen penting dalam bulan ini adalah malam Nisfu Syaban, yang memiliki makna mendalam bagi umat Islam.

Nisfu Syaban dianggap sebagai malam di mana 300 pintu rahmat dan ampunan dari Allah SWT dibuka untuk manusia.

Selain itu, malam ini juga dianggap sebagai waktu yang istimewa untuk memohon pengampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Menurut kalender Hijriah Kementerian Agama, tanggal 15 bulan Syaban jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024.

Maka dari itu, malam Nisfu Syaban akan dimulai pada Sabtu, 24 Februari 2024 malam hingga Minggu, 25 Februari 2024.



Doa dan Amalan pada Malam Nisfu Syaban


Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa, membaca Al-Quran, serta melakukan amalan-amalan yang baik.

Salah satu doa yang dianjurkan adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali setelah shalat Maghrib pada tanggal 24 Februari 2024.

Setelah itu, disarankan untuk membaca doa khusus malam Nisfu Syaban.

Dalam doa tersebut, umat Muslim memohon kepada Allah SWT agar diberikan umur panjang, keselamatan dari segala bahaya, dan kekayaan hati.

 Doa tersebut juga mencakup permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Berikut Doanya:



وصلى الله على سيدنا محمد وعلى أله وصحبه وسلّم
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ


Artinya: Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

 Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.

Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.

Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisi-Mu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrah-Mu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisi-Mu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.


Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: "Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab."

Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya'ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.

Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi Rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau.  Amin.



Selain membaca doa, ada beberapa amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Syaban:

1. Membaca Dua Kalimat Syahadat


Dua kalimat syahadat merupakan ungkapan keyakinan yang paling disukai oleh Allah SWT. Dengan memperbanyak membaca kalimat syahadat, umat Muslim diharapkan mendapatkan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.


2. Memperbanyak Membaca Doa


Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa dan memohon kepada Allah SWT atas segala kebutuhan dan hajat-hajat mereka. Doa pada malam ini diyakini akan segera diijabah oleh Allah SWT.


3. Membaca Istighfar


Malam Nisfu Syaban juga menjadi waktu yang tepat untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dengan memperbanyak membaca kalimat istighfar, umat Muslim diharapkan mendapatkan pengampunan dan keberkahan dari Allah SWT.


Dengan melakukan amalan-amalan tersebut pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim diharapkan mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT, serta mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan Ramadan yang akan datang.(*)/

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll