24 C
id

Partai Aceh Kuasai Mayoritas DPRK Aceh, Golkar dan NasDem Bersaing Ketat

Hasil Pemilu
Bendera Partai/


AchehNetwork.com - Partai Aceh (PA) berhasil menegaskan dominasinya sebagai penguasa sementara dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota (DPRK) Aceh.

Dengan unggul di 10 kabupaten/kota, PA menunjukkan keunggulan yang signifikan. Data terbaru yang diakses dari situs resmi pemilu2024.kpu.go.id pada Senin (26/2/2024) pukul 21.05 WIB malam, memperlihatkan bahwa PA mampu meraih suara terbanyak di sejumlah daerah strategis.

Aceh Utara menjadi salah satu lumbung suara terbesar bagi PA, dengan perolehan mencapai 45.030 suara.

Disusul oleh Aceh Tamiang dengan 16.122 suara dan Aceh Timur sebanyak 15.084 suara.

Dominasi ini terutama terlihat pada Dapil 3 Aceh Utara, dimana Caleg DPRK Arafat SE MM berhasil meraih suara terbanyak sebanyak 8.806 suara.

Di sisi lain, Golkar juga menunjukkan kekuatan politiknya dengan meraih kemenangan di lima kabupaten.

DPRK Bireuen menjadi salah satu kantong suara terbesar bagi Golkar dengan perolehan 28.142 suara, diikuti oleh Aceh Tenggara dan Aceh Tengah dengan masing-masing 20.275 dan 15.824 suara.

NasDem juga tidak kalah bersaing, memenangkan empat kabupaten/kota. 

Aceh Selatan menjadi salah satu daerah yang memberikan dukungan besar bagi NasDem dengan perolehan suara mencapai 14.306 suara, disusul oleh Banda Aceh dan Aceh Singkil.

Sementara itu, beberapa partai yang sebelumnya memiliki kekuasaan di DPRK Aceh berpotensi tergantikan setelah Pemilu 2024.

Misalnya, Aceh Besar yang sebelumnya dikuasai oleh PAN berpotensi diambil alih oleh PA, walaupun dengan selisih suara yang tipis.

Begitu juga dengan Bireuen yang mungkin berganti ke Golkar dari PA, dan Aceh Tamiang yang kemungkinan berada di bawah kendali PA dari Gerindra.

Perolehan suara ini masih bisa berubah seiring dengan proses penghitungan yang terus berlangsung.

Situs resmi KPU RI akan terus memperbarui data untuk memberikan gambaran yang akurat mengenai hasil Pileg 2024.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Iklan: Lanjut Scroll