24 C
id

Tantangan dan Panggilan Aksi dari Surya Paloh untuk Anak Aceh

Surya Paloh
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh/Foto via AJNN


AchehNetwork.com - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menggelorakan semangat kebangsaan di Aceh dengan menggarisbawahi pentingnya peran dan komitmen anak Aceh untuk mendorong kemajuan daerah mereka.

Pernyataan ini diutarakan saat Surya Paloh melangsungkan kampanye akbar di lapangan bola kaki Simpang Empat Gampong Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, pada Jumat, 2 Februari 2024.

Surya Paloh dengan tegas menyatakan bahwa kemajuan Aceh tidak akan tercapai tanpa dukungan penuh dan totalitas dari masyarakat setempat.

 "Apabila cinta kepada Aceh maka kita harus melakukan sesuatu, dan jangan sesekali mengharapkan orang luar Aceh membantu ataupun berempati terhadap Aceh, kalau bukan diri kita sendiri," ujar Surya Paloh dengan penuh semangat.

Menurutnya, jika Aceh ingin maju, langkah pertama harus berasal dari masyarakat Aceh sendiri. Proses ini dimulai dari pemahaman diri sendiri, pengenalan diri, hingga pemahaman tentang anggota kelompok dan masyarakat di sekitar mereka.

Surya Paloh menekankan pentingnya masyarakat Aceh untuk bangkit dan memulai langkah-langkah nyata untuk mencapai kemajuan.

Surya Paloh juga menyoroti kewajiban setiap individu untuk mengenali kelemahan mereka sendiri.

Meskipun manusia tidak sempurna, dia percaya bahwa dengan menyadari kelemahan dan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki, masyarakat Aceh dapat membangun kemajuan yang signifikan. 

"Berbagai kebijakan, peraturan, dan kemudahan, kalau kita tidak bangkit, kita akan seperti ini terus," tandasnya.

Lebih lanjut, Surya Paloh menyampaikan rasa hina yang mungkin dirasakan jika warga Aceh kehilangan kebanggaan terhadap identitas mereka.

Ia menekankan sejarah kebesaran Aceh dan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa, yang seharusnya menjadi sumber kebanggaan bagi setiap anak Aceh. 

"Padahal anak-anak Aceh ini bukan anak bodoh, anak Aceh ini juga mempunyai kemampuan dan kapasitas yang tidak kalah dengan saudaranya di luar Aceh," tegas Surya Paloh, mengajak masyarakat Aceh untuk meraih potensi mereka dan bersama-sama mewujudkan kemajuan daerah.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya