24 C
id

Top 10 Negara dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia: Keajaiban Teknologi, Persenjataan Nuklir, dan Dinamika Ekonomi

Negara Militer Terkuat
Ilustrasi/pixabay


AchehNetwork.com - Amerika Serikat (AS) dan Rusia selalu menjadi pusat perhatian dalam daftar kekuatan militer dunia, namun dalam riset terbaru, Insider Monkey membawa kita pada pandangan yang menarik.

Meskipun Rusia turun ke peringkat lima, AS tetap kokoh di puncak. Dengan metrik yang terperinci dan analisis yang cermat, mereka mengungkap rahasia di balik kekuatan tentara terbaik di dunia.


Penelitian tersebut melibatkan metode analisis yang komprehensif, menggali jumlah tentara aktif, armada tank, kendaraan tempur lapis baja, proyektor roket, helikopter serang, hingga senjata nuklir. 

Namun, yang membuat perbedaan adalah keseimbangan antara kemampuan teknologi militer, belanja pertahanan, dan kekuatan ekonomi.



Pimpinan di Puncak: Amerika Serikat

Tidak mengherankan, AS tetap kokoh di posisi teratas.

Dengan anggaran militer yang hampir menyentuh 40% dari total global dan menjadi basis bagi beberapa produsen senjata terkemuka dunia, AS memang layak disebut sebagai kekuatan utama.

Teknologi militernya yang canggih dan keunggulan logistik dengan lebih dari 750 pangkalan militer di 80 negara memberikan AS keunggulan yang sulit dikejar.



Pesona China: Kekuatan Manusia dan Nuklir

Di belakang AS, China menempati posisi penting dengan sumber daya manusia terbesar di dunia dan persenjataan nuklir yang mengesankan.

Dengan perekonomian yang tumbuh pesat, China secara aktif memperkuat kemampuan militer dan memperluas pengaruhnya di berbagai belahan dunia.



Korea Selatan: Siaga di Perbatasan Utara

Korea Selatan, berhadapan langsung dengan ancaman dari Korea Utara, telah mengembangkan kekuatan militer yang mengesankan.

Dengan jumlah personel yang besar dan teknologi modern, mereka menjadi penjaga terdepan di wilayah tersebut.



Jepang: Teknologi dan Tenaga Kerja

Jepang, dengan teknologi maju dan tenaga kerja yang kuat, memimpin sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer yang tak bisa dianggap remeh.

Armada kendaraan tempur lapis baja dan helikopter serang mereka memberikan keunggulan strategis yang signifikan.



Rusia: Kekuatan Mendarat yang Tetap Relevan

Meskipun menghadapi tantangan dan kritik, Rusia masih mempertahankan posisinya sebagai kekuatan militer yang signifikan.

Dengan persenjataan nuklir, tank, dan proyektor roket yang besar, mereka tetap menjadi faktor penting dalam dinamika geopolitik global.



Intip Posisi Lainnya

Inggris Raya, Prancis, dan Jerman, masing-masing memiliki keunggulan dan strategi sendiri dalam membangun kekuatan militer mereka.

India, dengan sumber daya manusia dan persenjataan nuklir yang besar, terus meningkatkan potensi militer mereka.

Sementara Israel, dengan fokus pada teknologi dan pertahanan udara, menjadi kekuatan regional yang tak terbantahkan.


Dari keajaiban teknologi hingga dinamika ekonomi, daftar ini memperlihatkan kompleksitas dalam menilai kekuatan militer suatu negara.

Dibalik angka dan statistik, ada kisah strategis dan politik yang membentuk peta kekuatan global.(*)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya