24 C
id

12 Fakta Menarik Piramida Mesir yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fakta Piramida Mesir
Piramida Mesir/Foto via Google Maps



AchehNetwork.com - Piramida Mesir telah menjadi sumber keajaiban dan kekaguman bagi wisatawan, pelajar, dan ahli sejarah. 

Mereka tidak hanya menciptakan daya tarik yang luar biasa, tetapi juga memancing inspirasi dalam berbagai bidang seperti arkeologi, arsitektur, dan seni modern.

Seiring dengan berjalannya waktu, sejumlah fakta menarik tentang piramida muncul, beberapa di antaranya mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. 
Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Piramida Bertingkat Djoser: Merupakan Piramida Tertua Mesir


Piramida Bertingkat Djoser adalah monumen besar pertama yang dibangun dengan batu oleh orang Mesir Kuno. 

Sebelumnya, makam kerajaan dibangun menggunakan batu bata lumpur. 

Pembangunan piramida ini melibatkan penggunaan granit dari Aswan dan batu kapur dari seberang Sungai Nil, diawasi oleh wazir Djoser, Imhotep.

Konon, struktur piramida ini mungkin dimaksudkan sebagai tangga bagi Djoser untuk mencapai kehidupan setelah kematian.



2. Piramida Merah Sneferu: Piramida Sejati Pertama di Mesir


Piramida Merah Sneferu di Dahshur adalah piramida sejati pertama di Mesir Kuno yang memiliki sisinya yang halus. 

Dirancang untuk menyerupai sinar matahari, piramida ini adalah salah satu yang paling landai di antara piramida Mesir Kuno.

Namun, kemiringannya yang landai membuatnya rentan terhadap perampokan.



3. Tiga Piramida Giza Sejajar


Piramida-piramida di Giza, termasuk Piramida Besar Khufu, Khafre, dan Menkaure, disusun secara diagonal, dengan sudut-sudutnya mengarah langsung ke Kuil Ra di Heliopolis dan sejajar dengan konstelasi Orion.

Keyakinan bahwa firaun adalah keturunan langsung Ra membuat mereka meyakini bahwa dengan mengarahkan piramida mereka dengan tepat, mereka akan menjadi bagian dari siklus hidup matahari, sesuai dengan keyakinan agama mereka.



4. Ruang Rahasia Piramida: Tempat Jiwa Almarhum Beristirahat


Serdab adalah ruang rahasia yang penting bagi para firaun, tempat patung Ka mereka disimpan.

Patung Ka diyakini akan menjadi tempat tinggal roh firaun jika mumi mereka rusak atau dihancurkan oleh perampok makam. 

Untuk menjaga keamanan makam mereka, patung Serdab dan Ka sangat penting bagi firaun.



5. Teks Piramida: Teks Keagamaan Tertua di Dunia


Ditemukan di Piramida Raja Unas di Saqqara, teks piramida merupakan mantera magis dalam bentuk hieroglif yang dirancang untuk membantu jiwa firaun meninggalkan tubuhnya dan melanjutkan perjalanan menuju akhirat. 

Teks ini tidak hanya merupakan teks keagamaan tertua di dunia, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran dan tanggung jawab firaun dalam kehidupan sehari-hari.



6. Larangan Mendaki Piramida Besar


Meskipun sering kali dicoba oleh wisatawan dan penduduk lokal, mendaki Piramida Besar Khufu di Giza dilarang berdasarkan hukum Mesir.

Meskipun tidak secara hukum ilegal, orang yang tertangkap bisa ditahan. Sejumlah insiden telah terjadi, termasuk seorang turis Jerman yang berhasil mendaki piramida dalam waktu delapan menit pada tahun 2016.



7. Piramida Terakhir Terbuat dari Batu Bata Lumpur


Piramida terakhir yang dibangun di Mesir, oleh Raja Ahmose I di Abydos, jauh di selatan piramida terkenal lainnya, dibangun dengan batu bata lumpur. 

Meskipun tingginya mencapai sekitar 50 meter, piramida ini runtuh karena sebagian besar terbuat dari bahan yang tidak tahan lama.



8. Piramida Sebenarnya Berwarna Putih


Piramida sebenarnya memiliki lapisan batu kapur putih yang memantulkan sinar matahari, memberikan kesan datar dan halus yang indah.

Namun, sebagian besar batu selubung tersebut telah hilang karena dicuri atau digunakan kembali untuk membangun monumen lain.



9. Upaya Menghancurkan Piramida


Pada abad ke-12, Sultan Ayyubiyah kedua Mesir, Al-Aziz Utsman, mencoba menghancurkan Piramida Agung Giza dengan mempekerjakan sejumlah besar pekerja.

Namun, upaya ini gagal karena biaya, waktu, dan kesulitan fisik yang besar.



10. Konstruksi Piramida oleh Pekerja Profesional


Meskipun ada klaim bahwa piramida dibangun oleh budak, bukti arkeologis menunjukkan bahwa pekerja profesional, bukan budak, yang membangun piramida. 

Mereka dibantu oleh keluarga petani dan menggunakan peralatan yang canggih untuk pekerjaan tersebut.



11. Jumlah Balok Batu Kapur dalam Piramida Besar Khufu


Lebih dari 2,3 juta balok batu kapur dipercaya digunakan dalam pembangunan Piramida Besar Khufu.

Proyek ini mempekerjakan lebih dari 100.000 orang selama lebih dari 23 tahun, dengan jumlah tenaga kerja puncak mencapai 1.000 orang.


12. Masih Banyak Lagi yang Perlu Diketahui


Meskipun begitu banyak yang telah kita pelajari tentang piramida, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Meskipun ada berbagai teori tentang konstruksi dan tujuan piramida, belum ada bukti konkret yang menjelaskan secara pasti bagaimana batu-batu raksasa ini diangkat dan ditempatkan, atau apa yang mungkin tersembunyi di dalamnya.


Piramida Mesir tetap menjadi misteri yang menarik bagi para peneliti dan pengunjung, terus menimbulkan rasa ingin tahu dan kekaguman terhadap keajaiban kuno tersebut.(*)/


Editor   : Murhadi
Sumber: The Collector
Ohya, Sahabat Pembaca.. Jika kalian punya cerita unik, artikel menarik, tips berguna atau pun berita kejadian terkini, Silakan kirim ke Admin Acheh Network..!!
Whatsapp:
0812-6537-7302 (Pesan saja/tidak menerima panggilan telepon)

ARTIKEL TERKAIT

Terupdate Lainnya

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

REKOMENDASI UNTUK ANDA